Eks Karyawan Brandoville: CL Minta CS Blokir Kontak Keluarganya

Dia bahkan diminta ambilkan minum di kantor dari kosan

Intinya Sih...

  • Mantan karyawan Brandoville Studio menceritakan CS terisolasi dari keluarga selama bekerja di sana
  • CS dipaksa memblokir kontak keluarganya dan hanya bisa berkomunikasi lewat email
  • CS juga diminta ambilkan minum di kantor dari kosan, bahkan ada dugaan kekerasan fisik usai pulang ke rumah

Jakarta, IDN Times - Mantan karyawan Brandoville Studio menceritakan rekannya yang menjadi korban kekerasan yakni CS terisolasi dari keluarga selama bekerja di sana. Radit, rekan CS menjelaskan bahwa sang bos yakni CL, melarang CS untuk menghubungi keluarga.

"CS disuruh blok semua kontaknya keluarganya, adiknya-adiknya," kata dia kepada IDN Times.

 

1. CL yang mengatur cara balasan email CS ke keluarga

Eks Karyawan Brandoville: CL Minta CS Blokir Kontak KeluarganyaKantor Brandoville Studio di Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hal ini membuat CS terjebak dalam ketergantungan total kepada CL. Dia bahkan diharuskan memblok media sosial keluarganya hingga CS hanya bisa berkomunikasi dengan keluarganya lewat email.

"Dan akhirnya dibalas itu pun juga sepertinya rangkaian kata-kata balasannya itu disuruh oleh CL. Jadi CS ketikin nih, aku kasih tahu kamu harus ngomong apa ke si mama. Dan itu isinya sih, kalau aku ya sangat tidak pantas untuk disebut ya, karena banyak banget sumpah serampah segala macam," katanya.

Baca Juga: Keluarga Korban Adukan Perlakuan Bos Brandoville Studio Diam-Diam

2. Diminta ambilkan minum

Eks Karyawan Brandoville: CL Minta CS Blokir Kontak KeluarganyaKantor Brandoville Studio di Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Di email itu CS menjelaskan bahwa dia sedang berjuang dalam kariernya. Dia bahkan tidak bisa pulang ke rumah. Pada awal pandemik dia diminta untuk tidur di kantor. Meski ada momen dia diberi kos-kosan, tapi dia tidak bisa merasa lega karena terus diganggu oleh CL.

"Dari kantor ke kosan itu sekitar kayak mungkin 10 menit lah jalan kaki. Tiba-tiba tuh dia kayak baru pulang jam 3 pagi terus tiba-tiba disuruh sama si CL untuk ambilin minuman di kulkas kantor lantai berapa, lima menit harus sampai," ujarnya.

 

Baca Juga: Polisi Cari Suami Bos Brandoville Studio Usai CL Tinggalkan Indonesia

3. CS pulang ke rumah dalam keadaan lebam-lebam

Eks Karyawan Brandoville: CL Minta CS Blokir Kontak KeluarganyaRadit, eks karyawan perusahaan game art dan animasi Brandoville Studio di Menteng dan rekan CS saat diwawancarai IDN Times, Selasa (17/9/2024). (IDN Times/Rendy Septian Anwar)

CL juga ternyata tidur di kantor tapi masih meminta CS mengambilkan kebutuhannya. CS banyak dimintai tolong sehingga dia harus bolak-balik naik turun tangga kantor yang tingginya mencapai tiga lantai. Hingga akhirnya belakangan ada dugaan kekerasan usai CS pulang ke rumah dengan keadaan lebam-lebam.

"Karena waktu itu si CS ini pulang ke rumah kondisinya lebam-lebam di muka. Dan CS-nya sendiri yang cerita ke adik-adiknya. Dia ada kekerasan fisik di situ, yaitu kalau untuk video yang tadi disebut kan memang sudah ada ya. Sudah up juga ada buktinya di situ ya. Jujur aku juga sih nggak tega lihatnya ya, tapi ya itulah kenyataannya adanya. Itu adalah salah satu hukuman yang diberikan ke CL kepada CS," katanya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya