Ditjen Imigrasi Luncurkan Paspor Elektronik di KJRI Frankfurt

Jadi perwakilan RI ke-10 yang melayani penerbitan E-Paspor

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, meresmikan penerbitan Paspor Elektronik atau E-pasport pada Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Frankfurt, Jerman.

Paspor elektronik perdana diberikan kepada Antonius Yudi Triantoro, Konsul Jenderal RI Frankfurt, serta Gwenda Praya Kinanti, warga negara IndoneAEIa (WNI) yang tinggal di wilayah kerja KJRI Frankfurt pada Jumat, 20 September 2024.

Silmy menjelaskan, banyaknya WNI yang bekerja di wilayah ini mencerminkan pentingnya efisiensi layanan.

"Lebih dari 17.000 warga negara Indonesia yang berada di wilayah kerja KJRI Frankfurt mencerminkan pentingnya layanan imigrasi yang efisien. Pengajuan paspor elektronik yang kini tersedia di KJRI Frankfurt memudahkan WNI yang bekerja atau sedang menjalani studi di Jerman, jadi prosesnya lebih cepat dan praktis,” kata Silmy Karim, dikutip Senin (23/9/2024).

1. Mayoritas tenaga kesehatan dan mahasiswa

Ditjen Imigrasi Luncurkan Paspor Elektronik di KJRI FrankfurtPembukaan layanan e-paspor di KJRI Frankfurt (dok. Imigrasi)

Konsul Jenderal RI Frankfurt, Antonius Yudi menyampaikan bahwa jumlah WNI yang berada di wilayah kerja KJRI Frankfurt setiap tahunnya mengalami peningkatan. Mayoritas di antaranya merupakan mahasiswa serta tenaga kesehatan.

Frankfurt menjadi perwakilan RI ke-10 yang melayani penerbitan E-Paspor. Sebelumnya, layanan E-Paspor telah tersedia pada Perwakilan RI di Singapura, Tokyo (Jepang), Seoul (Korea Selatan), Den Haag, (Belanda), Jeddah, (Arab Saudi), Los Angeles (Amerika Serikat), Berlin (Jerman), Sydney (Australia) dan Beijing (Tiongkok).

Baca Juga: Layanan E-Paspor Pertama Ada di KJRI Sydney Australia

2. Ada enam wilayah kerja KJRI Frankfurt

Ditjen Imigrasi Luncurkan Paspor Elektronik di KJRI FrankfurtIlustrasi jenis paspor di Indonesia (commons.wikimedia.org/Amadhannn)

Antonius juga menyampaikan, dukungan dari Atase Imigrasi Berlin dalam memberikan layanan reach out (eazy Passport) di beberapa kota di wilayah kerja KJRI Frankfurt membantu dan memudahkan WNI yang memerlukan penggantian paspor.

Terdapat enam wilayah kerja KJRI Frankfurt, antara lain Hessen, Baden-Württemberg, Bayern, Nordrhein-Westfalen, Rheinland-Pfalz, dan Saarland dengan luas lebih dari separuh total wilayah Jerman.

3. Peningkatan jumlah WNI dua tahun terakhir

Ditjen Imigrasi Luncurkan Paspor Elektronik di KJRI FrankfurtDirektur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim (dok. Humas Imigrasi)

Pada bidang pelayanan publik, KJRI Frankfurt telah merespons tren meningkatnya kebutuhan pelayanan publik menyusul peningkatan jumlah WNI yang cukup tinggi khususnya dalam dua tahun terakhir.

Dengan demikian, hadirnya layanan paspor elektronik di Perwakilan RI menjadi semakin penting untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Ditjen Imigrasi Luncurkan Layanan E-paspor di KBRI Tokyo

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya