Desain Baru Paspor Indonesia Diluncurkan 17 Agustus 2024

Ada kejutan soal desainnya

Intinya Sih...

  • Paspor Indonesia akan memiliki desain baru yang akan diungkapkan pada 17 Agustus 2024.
  • Desain baru paspor Indonesia diperkirakan akan memiliki fitur keamanan yang lebih canggih tanpa detail warna atau elemen spesifik.
  • Perubahan desain paspor sejalan dengan rekomendasi ICAO untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan pemalsuan dokumen perjalanan.

Jakarta, IDN Times - Paspor Indonesia akan dipoles dengan desain baru. Publik baru bisa mengetahui desan baru paspor Indonesia di 17 Agustus 2024 nanti, atau bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-79.

Sebenarnya, informasi mengenai desain baru sudah pernah disampaikan oleh Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim. Namun, baru sekarang waktu peluncurannya disampaikan kepada publik

"Terkait dengan informasi yang pernah disampaikan oleh Pak Dirjen bahwa Indonesia akan memiliki desain paspor baru tentunya kami bisa sampaikan memang betul dan ini sudah disampaikan langsung oleh pimpinan tertinggi di imigrasi,” kata Ketua Tim Verifikasi Dokumen Perjalanan Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian, Arvin Gumilang, dalam media briefing Ditjen Imigrasi di Jakarta, Selasa (16/7/2024).

1. Belum bisa sebut model desain dan warna paspor baru

Desain Baru Paspor Indonesia Diluncurkan 17 Agustus 2024Media briefing Direktorat Jenderal Imigrasi di kantor Ditjen Imigrasi, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024) IDN Times/Lia Hutasoit)

Arvin menjelaskan, indikasi awal menyebutkan desain baru paspor Indonesia akan memiliki fitur keamanan lebih canggih. Meski demikian, belum ada detail mengenai warna atau elemen desain spesifik yang akan digunakan.

"Karena sudah disampaikan oleh pimpinan tertinggi di imigrasi, tapi kalau ditanya detailnya warnanya atau apanya nanti kita tunggu pada 17 Agustus," kata dia.

Baca Juga: 1.503 WNA Dideportasi Imigrasi dari Indonesia Sepanjang 2024

2. Paspor sekarang melambangkan negara maritim

Desain Baru Paspor Indonesia Diluncurkan 17 Agustus 2024Layanan pembuatan paspor di Imigrasi Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dia menjelaskan saat ini, paspor Indonesia memiliki warna tosca yang diambil dari perpaduan warna biru dan hijau, melambangkan Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan. 

Meskipun beberapa negara menggunakan berbagai warna untuk paspornya, Indonesia memilih tosca sebagai simbol identitas maritim.

3. Perubahan desain sesuai dengan desain ICAO

Desain Baru Paspor Indonesia Diluncurkan 17 Agustus 2024Media briefing Direktorat Jenderal Imigrasi di kantor Ditjen Imigrasi, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024) IDN Times/Lia Hutasoit)

Arvin menjelaskan, perubahan desain paspor sejalan dengan rekomendasi dari International Civil Aviation Organization (ICAO) yang mendorong negara-negara untuk melakukan perubahan dan peningkatan pada dokumen perjalanan. Ini dilakukan guna mengantisipasi perkembangan teknologi serta meningkatnya kemampuan pemalsuan dokumen.

"Saya yakin untuk paspor Indonesia ke depan akan semakin canggih, tapi tidak bisa dibocorkan, tidak bisa disampaikan. Yang bisa disampaikan, memang 17 Agustus sesuai komitmen Pak Dirjen mudah-mudahan bisa diperkenalkan bentuk paspor baru nanti," katanya.

Baca Juga: Pelayanan Paspor di Imigrasi Tangerang Sudah Normal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya