CEK FAKTA: Prabowo Gagal Dilantik Digantikan Gibran Jadi Presiden

Pelantikan Prabowo baru akan dilakukan pada 20 Oktober 2024

Intinya Sih...

  • Video yang mengklaim capres terpilih Gibran Rakabuming Raka akan segera dilantik menggantikan Prabowo Subianto sebagai presiden beredar di media sosial. Faktanya, informasi tersebut tidak benar alias hoaks atau kabar bohong, karena pelantikan Prabowo baru akan digelar pada 20 Oktober 2024.

Jakarta, IDN  Times - Sebuah video yang menarasikan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, akan menggantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai presiden, beredar di platform YouTube. 

Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "Tepat Malam ini‼ Prabowo Gagal Dilantik, Gibran Akan Ambil Alih Kursi Presiden dari Prabowo". 

1. Prabowo disebut gagal dilantik MPR

CEK FAKTA: Prabowo Gagal Dilantik Digantikan Gibran Jadi PresidenWakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka menemui Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin di rumah dinas Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). (dok. Setwapres)

Dalam narasi video tersebut, Prabowo disebut gagal dilantik Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. Namun, klaim tersebut tidak memiliki dasar fakta yang kuat, dengan kata lain informasi ini hoaks alias kabar palsu.

Baca Juga: CEK FAKTA: Jokowi dan Kapolri Tetapkan 4 Tersangka Kasus Vina Cirebon

2. Video membahas pandangan Jhon Sitorus terkait peran Gibran

CEK FAKTA: Prabowo Gagal Dilantik Digantikan Gibran Jadi PresidenPrabowo Kumpulkan Ketum KIM di Kemhan (Instagram.com/@prabowo)

Menurut informasi dari turnbackhoax.id, video yang beredar sebenarnya hanya membahas pandangan Jhon Sitorus, seorang pegiat media sosial, yang merasa peran Gibran sebagai cawapres terpilih bisa terlihat mendominasi lebih besar dibandingkan Prabowo sebagai capres terpilih dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: CEK FAKTA: Syahrul Yasin Limpo Termasuk Menteri Jokowi yang Miskin?

3. Pelantikan Prabowo baru akan dilakukan pada 20 Oktober 2024

CEK FAKTA: Prabowo Gagal Dilantik Digantikan Gibran Jadi PresidenKhofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sambangi rumah pribadi Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan (7/6/2024). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Faktanya, pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto dijadwalkan akan digelar pada 20 Oktober 2024.

Klaim Gibran akan menggantikan Prabowo sebagai presiden jelas tidak didukung informasi resmi atau proses hukum yang berlaku di Indonesia.

Dengan demikian, informasi dalam video yang beredar tersebut tidak benar alias hoaks.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya