CEK FAKTA: Jokowi dan Kapolri Tetapkan 4 Tersangka Kasus Vina Cirebon

Empat tersangka itu disebut anggota polisi

Intinya Sih...

  • Video menyesatkan narasi tentang penetapan empat polisi sebagai tersangka kasus pembunuhan Vina Cirebon.
  • Gambar Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam video ternyata terkait konferensi pers kasus lain pada 9 Agustus 2023.
  • Polda Jawa Barat membantah tuduhan keterlibatan anak pejabat dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon.

Jakarta, IDN Times - Sebuah video menunjukkan narasi bahwa polisi telah menetapkan empat anggota polisi sebagai tersangka kasus pembunuhan Vina Cirebon. Video yang tersebar di media sosial Facebook itu menarasikan bahwa Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang menetapkan empat tersangka itu.

“Terbongkar, pelaku Vina dan Eky jenderal berpangkat bintang 3, Presiden dan J.Sigit tetapkan 4 polisi” tulis narasi di video itu.

Berikut adalah fakta-faktanya!

Baca Juga: Kapolri Kerahkan Propam hingga Bareskrim Asistensi Kasus Vina Cirebon

1. Tangkapan layar itu adalah rekaman konferensi pers kasus Ferdy Sambo

CEK FAKTA: Jokowi dan Kapolri Tetapkan 4 Tersangka Kasus Vina Cirebonsinopsis dan daftar pemain film Vina: Sebelum 7 Hari (Instagram.com/deecompany_official)

Dalam tangkapan layar unggahan video itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo tampak tengah melakukan konferensi pers. Namun setelah ditelusuri, ternyata gambar itu adalah ketika Kapolri tengah melakukan konferensi pers soal kasus kematian Brigadir J yang melibatkan Kadiv Propam Polri saat itu, Irjen Pol Ferdy Sambo.

Konferensi pers itu dilakukan pada 9 Agustus 2023. Terlihat jelas pula penerjemah bahasa isyarat dalam tangkapan layar itu sama dengan sejumlah video breaking news yang ditayangkan di stasiun televisi.

Baca Juga: Polri Akui Anggotanya Kurang Teliti di Awal Pengusutan Kasus Vina

2. Polda Jabar membantah tuduhan keterlibatan anak pejabat

CEK FAKTA: Jokowi dan Kapolri Tetapkan 4 Tersangka Kasus Vina Cirebonkronologi asli kasus pembunuhan Vina di Cirebon (Instagram.com/deecompany_official)

Selain itu, dilansir dari ANTARA, Polda Jawa Barat membantah soal tuduhan keterlibatan anak pejabat dalam kasus pembunuhan Vina dan Muhammad Rizky atau Eky di Cirebon.

"Jadi saya tekankan di sini tidak ada anak pejabat terlibat di sini. Kami sangat kooperatif dan transparan terkait penyidikan ini. DPO hanya satu, yaitu Pegi Setiawan,” ujar Dir Reskrimum Polda Jawa Barat, Kombes Pol Surawan.

3. Ada sembilan tersangka dalam kasus ini

CEK FAKTA: Jokowi dan Kapolri Tetapkan 4 Tersangka Kasus Vina CirebonPegi Setiawan tersangka pembunuh Vina dan Eky segera disidang. (Foto: iNews/Mujib P)

Sejauh ini, polisi baru menetapkan sembilan orang tersangka dalam kasus kematian Vina di Cirebon yang terjadi pada 7 Agustus 2016. 

Mereka adalah Jaya, Supriyanto, Eka Sandi, Hadi Saputra, Eko Ramadhani, Sudirman, Rivaldi Aditya Wardana, Saka Tatal, dan Pegi Setiawan.

Baca Juga: TPF Independen Lapor ke Polri, Ada Upaya Penyuapan di Kasus Vina

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya