Bung Karno di Mata Hamka Haq: Pemimpin Nasionalis dan Religius

Bung Karno disebut pemimpin Islam yang baca Ayat Al-Qur'an

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Hamka Haq, mengungkapkan PDI Perjuangan memperingati bulan Bung Karno pada Juni. Hal ini bertepatan dengan haul ke-53 Bung Karno.

Haul ke-53 Bung Karno itu digelar di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Sejumlah jemaah hadir memperingati haul Bung Besar.

"Bung Karno lahir 6 Juni 1901 dan wafat 21 Juni 1970. Beliau juga berpidato dalam rangka Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni. Selalu Juni," kata Hamka Haq di Jakarta, Rabu (21/6/2023) malam.

Baca Juga: Ketua DPP PDIP: Meski Telah Wafat, Pemikiran Bung Karno Tetap Ada

1. Pemimpin yang pikirkan bangsa, negara, hingga agama

Bung Karno di Mata Hamka Haq: Pemimpin Nasionalis dan ReligiusIlustrasi Sukarno (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Hamka Haq, Bung Karno adalah pemimpin yang sangat memikirkan bangsa, negara, dan agama.

"Bung Karno adalah sosok pemimpin nasionalis sekaligus religius," jelas Hamka Haq.

Dia mencontohkan betapa Bung Karno sangat agamis dalam memimpin. Menurut Hamka Haq, pemilihan kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 bertepatan pada 8 Ramadan.

"Sebenarnya beliau mau memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Ramadan, tetapi karena terlalu lama, didesak pemuda saat itu, beliau diculik dari Rengasdengklok," kata dia.

Baca Juga: Biografi Bung Tomo, Pria Saleh yang Pernah Mengkritik Bung Karno

2. Bacakan ayat suci Ayat Al-Qur'an di PBB

Bung Karno di Mata Hamka Haq: Pemimpin Nasionalis dan ReligiusIr. Soekano, Presiden Indonesia Pertama (perpusnas.go.id)

Menurut dia, pemilihan Pancasila yang memuat lima sila juga berdekatan dengan angka lima dalam rukun Islam. Masjid Istiqlal, lanjut Hamka Haq, didirikan Bung Karno sebagai simbol kemerdekaan Indonesia.

"Beliau tercatat pemimpin muda pertama yang membacakan ayat-ayat suci di PBB. Semua pemimpin Arab tak ada yang membacakan. Yang memulai Bapak Soekarno dan banyak bukti bahwa beliau pemimpin nasionalis-religius," ujar dia.

Baca Juga: Rumah Singgah Bung Karno di Padang Sudah Rata dengan Tanah

3. Haul ke-52 Bung Karno diadakan tausiah kebangsaan

Bung Karno di Mata Hamka Haq: Pemimpin Nasionalis dan ReligiusMenko PMK, Muhadjir Efendy dalam agenda Haul ke-53 Bung Karno di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan Rabu (21/6/2023) (Dok. Humas DPP PDIP)

Dalam acara ini, hadir Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia (BMI) Hamka Haq, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hadir secara virtual.

Pada Haul ke-53 Bung Karno ini, terdapat tausiah kebangsaan sekaligus testimoni Bung Karno yang disampaikan oleh Muhadjir Effendy. Selain itu, DPP PDIP juga memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya