Besok Ada CFD-Pencanangan HUT DKI, Ini Jalan Alternatif Bisa Dilalui

Ada 20 ruas jalan yang aksesnya ditutup

Intinya Sih...

  • Rekayasa lalu lintas dialihkan melalui beberapa rute alternatif
  • Pengaturan situasional bagi tamu hotel, kantor kedutaan, dan rumah sakit di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman

Jakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas dalam mendukung kegiatan Pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta, Minggu, 19 Mei 2024 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penutupan dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman (Bundaran Patung Pemuda) hingga Jalan M.H. Thamrin (Bundaran Air Mancur). 

”Seperti HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau CFD)  biasanya, terdapat 20 ruas jalan yang aksesnya ditutup menuju Jalan Jenderal Sudirman dan M.H. Thamrin. Perlu diantisipasi kerumunan yang lebih banyak, namun kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas dan ada 74 personel Dishub yang bersiaga di titik-titik tertentu,” kata dia dalam keterangannya dikutip Sabtu (18/5/2024).

Baca Juga: Pencanangan HUT DKI dan CFD, 20 Ruas Jalan Menuju Sudirman Ditutup

1. Pengaturan lalu lintas dari selatan ke utara

Besok Ada CFD-Pencanangan HUT DKI, Ini Jalan Alternatif Bisa DilaluiPresiden Jokowi Sapa Warga di Kawasan CFD Bundaran HI di Minggu Pagi (5/5/2024) (dok. Sekretariat Presiden)

Menurut Syafrin, akan ada beberapa perubahan rute lalu lintas untuk mengatur kelancaran kendaraan. Berikut detail rekayasa lalu lintas dan penutupan jalan yang berlaku:

Rekayasa lalu lintas dari selatan ke utara, dialihkan melalui Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gatot Subroto-Jalan K. S. Tubun-Jalan K. H. Mas Mansyur-Jalan Cideng-dan seterusnya, atau dapat melalui Jalan H. R. Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan K. H. Mas Mansyur-dan seterusnya, berlaku arah sebaliknya.

2. Rekayasa dari utara ke selatan dan barat ke timur

Besok Ada CFD-Pencanangan HUT DKI, Ini Jalan Alternatif Bisa DilaluiKolaborasi Astra bersama grup musik GAC di Halte Transjakarta Bundaran HI Astra, Jakarta, guna menghibur masyarakat Jakarta yang sedang mengikuti kegiatan Car Free Day pada hari ini (25/2). (dok. Astra)

Kemudian akan ada rekayasa lalu lintas dari arah utara ke selatan, dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan M. Ridwan Rais-Jalan Tugu Tani-Jalan Menteng-Jalan Cut Meutia-Jalan Dr. G. S. S. J. Sam Ratulangi-Jalan H. O. S. Cokroaminoto-Jalan H. R. Rasuna Said, atau melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambak-Jalan Prof. Dr. Saharjo-dan seterusnya.

Rekayasa lalu lintas dari arah barat ke timur dan sebaliknya, yang masih dapat dilintasi yaitu Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih (Barat-Timur), Jalan K. H. Wahid Hasyim, Jalan Galunggung-Penjernihan 1.

3. Akan ada pengaturan untuk tamu hotel atau kedutaan hingga rumah sakit

Besok Ada CFD-Pencanangan HUT DKI, Ini Jalan Alternatif Bisa DilaluiLalulintas lumpuh akibat truk kontainer terguling di Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Selain itu, pengaturan situasional bagi tamu hotel atau kantor kedutaan atau rumah sakit di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman, diharapkan dapat menyesuaikan pengaturan yang telah ditetapkan.

Selain itu, akan tetap disediakan lajur untuk kegiatan olahraga bagi pesepeda dan pejalan kaki di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya