Besok Ada CFD dan Pencanangan HUT DKI, Disediakan 41 Kantong Parkir

Diimbau parkir kendaraan sebelum jalan ditutup

Jakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas dalam mendukung kegiatan Pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-497 Kota Jakarta, Minggu, 19 Mei 2024 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. 

Kegiatan ini akan berlangsung bersamaan dengan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) sejak pukul 06.00-10.00 WIB. Akan ada panggung utama di Bundaran HI. 

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penutupan dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman (Bundaran Patung Pemuda) hingga Jalan M.H. Thamrin (Bundaran Air Mancur). Akan terdapat 20 ruas jalan yang aksesnya ditutup menuju ke area tersebut, selain itu Dishub juga menyediakan sediakan 41 kantong parkir.

“Perlu diantisipasi kerumunan yang lebih banyak, namun kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas dan ada 74 personel Dishub yang bersiaga di titik-titik tertentu,” kata dia dalam keterangannya dikutip Sabtu (18/5/2024).

1. Daftar kantong parkir

Pengunjung dapat menggunakan fasilitas parkir di 41 lokasi yang ditetapkan dan diimbau agar memarkirkan kendaraan sebelum penutupan Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman, yaitu pukul 06.00-10.00 WIB. 

Detil informasi soal kantong parkir dan jalan yang masih bisa dilalui, dapat dicek di akun instagram @dishubdkijakarta.

Baca Juga: Dishub DKI Jakarta Jaring 45 Juru Parkir Liar dari 45 Minimarket

2. Jalur TransJakarta yang dialihkan

Besok Ada CFD dan Pencanangan HUT DKI, Disediakan 41 Kantong ParkirIlustrasi Transjakarta (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Sementara masyarakat yang akan menuju lokasi kegiatan diimbau untuk menggunakan moda transportasi angkutan umum, dijelaskan Syafrin, bus Transjakarta koridor 1 pukul 06.00-10.00 WIB akan beroperasi dari arah selatan hanya melayani sampai Halte Transjakarta Polda.

Selanjutnya untuk menuju ke arah utara dialihkan melalui Jalan Jenderal SudirmanJalan Gatot Subroto-Jalan Letjend S. Parman-Jalan Tomang Raya-Jalan Kyai Caringin-Jalan Balikpapan-Jalan Suryopranoto-Simpang Harmoni.

3. Jalur TransJakarta utara hanya sampai halte Harmoni

Besok Ada CFD dan Pencanangan HUT DKI, Disediakan 41 Kantong Parkirilustrasi bus Transjakarta (transjakarta.co.id)

Sementara jalur Transjakarta dari arah utara hanya melayani sampai Halte Transjakarta Harmoni. Selanjutnya untuk menuju ke arah selatan dialihkan melalui Simpang Harmoni belok kiriJalan Ir. H. Juanda putar balik-Jalan Veteran-Jalan Suryopranoto-Jalan Balikpapan-Jalan Kyai Caringin-Jalan Tomang Raya-Jalan Letjend S. Parman-Jalan Gatot Subroto-Jalan Layang Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman.

4. MRT buka sejak 05.30 WIB

Besok Ada CFD dan Pencanangan HUT DKI, Disediakan 41 Kantong ParkirIlustrasi penumpang di peron MRT Jakarta. (www.jakartamrt.co.id)

Kemudian Pola operasi MRT (Moda Raya Terpadu) Jakarta mulai pukul 05.00, LRT (Lintas Rel Terpadu) Jakarta mulai pukul 05.30, dan KRL (Kereta Rel Listrik) mulai pukul 04.00 WIB.

”Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan dan mengikuti petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan,” kata Syafrin.

Baca Juga: Pengamat Transportasi: Seharusnya Ada Tarif Khusus TransJakarta dan KRL

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya