Baca Nota Pembelaan, SYL: Hormat Buatmu Bang Surya Paloh

SYL bangga kepada Surya Paloh

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), menyinggung nama Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh saat menjalani sidang lanjutan terkait kasus gratifikasi dan pemerasan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Hal itu ia sampaikan dalam nota pembelaan atau pledoi di Pengadilan Tinggi Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta pada Jumat (5/7/2024). SYL merupakan mantan Sekjen Partai Nasdem.

Dia menyampaikan rasa bangga atas kepercayaan Surya Paloh dan persahabatan yang terjalin selama ini hingga dia bisa menjadi menteri di Kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Dia juga menyampaikan permohonan maafnya kepada Surya Paloh.

"Dengan ini saya mohon maaf, seraya berharap Bang Surya Paloh tetap dirahmati Allah SWT dan tetap tegar mencurahkan perhatiannya untuk kemajuan bangsa dan kejayaan Partai NasDem," kata dia.

Menurutnya, dalam keadaan apa pun, dia berdoa agar Surya Paloh tetap menjadi kakak yang dia banggakan.

"Abang yang sangat saya kenal, baik pemikiran, ucapan, sikap kenegarawanannya, dan yang suka mengayomi dan memihak pada kebenaran. Hormat buatmu Bang Surya Paloh," kata dia.

Syahrul Yasin Limpo dalam perkara ini dituntut 12 tahun penjara, denda Rp500 juta, serta uang pengganti Rp44.269.777.204 (Rp44 miliar), dan 30 ribu dolar Amerika Serikat.

Sementara, dua mantan anak buah SYL, yakni eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono serta mantan Direktur Alsintan, Muhammad Hatta dituntut 6 tahun penjara. Keduanya dianggap bersama-sama SYL memeras anak buah dan korupsi.

Baca Juga: Di Nota Pembelaan SYL Paparkan Pernah Dapat Penghargaan Antikorupsi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya