2 Rute TransJakarta Alami Penyesuaian Imbas Penetapan UMP DKI Jakarta

Dua rute itu Pulogadung–Rawa Buaya (2A) dan PGC–Juanda (5C)

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan pengalihan dua rute imbas adanya aksi unjuk rasa terkait penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta 2024. Menyusul demonstrasi yang berlangsung di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat dan hingga ke Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/112023), rute yang disesuaikan adalah Pulo Gadung - Rawa Buaya (2A) dan PGC - Juanda (5C). 

"Penyesuaian dilakukan agar dapat memobilisasi masyarakat yang beraktivitas menggunakan rute-rute tersebut," kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Wibowo, sore tadi.

1. Rute Pulo Gadung - Rawa Buaya tak berhenti di Halte Monas dan Balai Kota

2 Rute TransJakarta Alami Penyesuaian Imbas Penetapan UMP DKI JakartaCalon penumpang antre menunggu bus TransJakarta di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Adapun bentuk penyesuaian yang dilakukan untuk rute Pulo Gadung - Rawa Buaya (2A)sebagai berikut: 

Arah Rawa Buaya dari Pulo Gadung: normal sampai Senen - Kwitang - Gambir 1- Istiqlal - Juanda - Pecenongan - Lampu merah Harmoni - Lurus - Halte Petojo - normal sampai Rawa Buaya. 

Kemudian Halte yang tidak dilalui adalah Halte Monas dan Balai Kota.

Sedangkan untuk arah Pulo Gadung: Pulo Gadung via Pejambon - Kwitang dan seterusnya normal ke arah Pulo Gadung. Kemudian, Halte yang tidak dilalui adalah Monas, Balai Kota, dan Gambir 2.

Baca Juga: Halte Gatot Soebroto Direvitalisasi, TransJakarta Siapkan Bus Stop

2. Jalur bus 5C arah Juanda dan PGC tak berhenti di Halte Balaikota

2 Rute TransJakarta Alami Penyesuaian Imbas Penetapan UMP DKI JakartaInstagram/@pt_transjakarta

Sementara untuk rute PGC - Juanda (5C) ada penyesuaian sebagai berikut:

Rute arah Juanda: PGC - Pal Putih - Kwitang Tugu Tani - Lurus - Gambir 1 - Istiqlal - Juanda. 

Sedangkan arah PGC: Juanda - Pecenongan Keluar jalur - Belok kiri - Jl Veteran - Merdeka Utara - Monas - putar balik di Patung Kuda - Monas - PGC. 

Dari dua arah ini tak akan melewati halte Balaikota sama sekali.

3. Demo buruh buat jalan Medan Merdeka Selatan ditutup

2 Rute TransJakarta Alami Penyesuaian Imbas Penetapan UMP DKI JakartaDemo buruh yang tergabung dalam AASB menuntut kenaikan UMP 2024 pada Selasa (21/11/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Demo buruh yang tergabung dalam Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) di Balai Kota DKI Jakarta membuat Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup. Massa aksi banyak yang membawa sepeda motor dan memarkirnya di tepi jalan. Sedangkan, dua mobil komando diparkirkan di tengah jalan.

Ratusan polisi juga berjaga demi mengamankan gerbang Balai Kota dan Jalan Merdeka. Dengan begitu, praktis jalan di sekitar Medan Merdeka Selatan tak bisa dilalui.

Baca Juga: Ada Demo Buruh di Balai Kota, Jalan Merdeka Ditutup

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya