Selain Parade Alutsista, HUT ke-79 TNI Gelar Pesta Rakyat

Ada sembako gratis hingga cek kesehatan gratis

Jakarta, IDN Times - Memeriahkan acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79, TNI menggelar berbagai acara di silang Monas, Jakarta. Selain menggelar parade alutsista, TNI juga akan menggelar acara Pesta Rakyat yang berisi beragam acara.

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Richard Tampubolon, meninjau langsung lokasi pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI 2024 dan Pesta Rakyat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (19/09/2024).

Kunjungan Richard bertujuan untuk memastikan seluruh persiapan acara berjalan sesuai rencana, dan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi masyarakat.

1. Pesta Rakyat hadirkan berbagai hiburan untuk masyarakat

Selain Parade Alutsista, HUT ke-79 TNI Gelar Pesta Rakyat(Dok. Puspen TNI)

Dalam tinjauannya, Kasum TNI menerima paparan detail dari panitia pelaksana mengenai berbagai aspek teknis pelaksanaan acara, mulai dari tata suara, pencahayaan, hingga pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi. Selain itu, Richard juga mengecek kesiapan fasilitas pendukung seperti tempat parkir, toilet umum, dan posko kesehatan.

"Saya mengapresiasi kerja keras panitia dalam mempersiapkan acara ini. Saya yakin dengan persiapan yang matang, peringatan HUT ke-79 TNI tahun ini akan menjadi momen yang berkesan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujar dia.

Pada puncak acara, TNI akan menggelar Pesta Rakyat selama dua hari, yaitu pada 21 dan 22 September 2024. Pesta Rakyat akan menyajikan beragam kegiatan menarik bagi masyarakat.

Selain dapat menyaksikan pameran peralatan dan teknologi terkini TNI atau alutsista dalam Matra Fair, pengunjung juga dapat ikut serta dalam lomba lari Panglima TNI Run. Bagi yang ingin menjaga kesehatan, terdapat fasilitas cek kesehatan gratis yang disediakan tim medis TNI.

Tidak hanya itu, panitia juga menyediakan makanan dan sembako gratis bagi masyarakat, terutama yang kurang mampu. Untuk menambah kemeriahan, berbagai pertunjukan musik dan seni dari berbagai selebritas dan komunitas akan memeriahkan panggung hiburan.

"Pesta Rakyat ini merupakan bentuk apresiasi TNI kepada masyarakat atas dukungannya selama ini. Kami berharap acara ini dapat mempererat tali silaturahmi antara TNI dan rakyat," ujar Richard. 

Baca Juga: Jokowi Pimpin Puncak HUT TNI ke-78 di Monas

2. TNI dan Polri siap pengamanan selama acara berlangsung

Selain Parade Alutsista, HUT ke-79 TNI Gelar Pesta RakyatKepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Richard Tampubolon, meninjau langsung lokasi pelaksanaan peringatan HUT ke-79 TNI 2024 dan Pesta Rakyat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (19/09/2024). (Dok. Puspen TNI)

Selain kesiapan teknis, Kasum TNI juga menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan acara. TNI telah berkoordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

"Keamanan adalah prioritas utama kami. Kami akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk menjaga agar acara ini berjalan dengan aman dan lancar," tegasnya.

Baca Juga: TNI Gelar Pawai Alutsista di Puncak HUT ke-79, Ini Rute yang Dilalui

3. Parade alutsista dari Monas-Bundaran HI

Selain Parade Alutsista, HUT ke-79 TNI Gelar Pesta RakyatKepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Richard Tampubolon, meninjau langsung lokasi pelaksanaan peringatan HUT ke-79 TNI 2024 dan Pesta Rakyat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (19/09/2024). (Dok. Puspen TNI)

Sebagai kegiatan puncak acara HUT ke-79, TNI juga mengadakan parade alutsista di Monas. Pawai alutsista akan digelar mulai dari silang Monas hingga Bundaran HI.

Komandan Pusat Polisi Militer TNI, Mayor Jenderal Yusri Nuryanto, menyampaikan setelah upacara peringatan HUT TNI, akan diadakan pawai kendaraan dan alutsista sepanjang kurang lebih 4 kilometer.

"Parade alutsista ini terbuka untuk umum, jadi masyarakat bisa langsung menyaksikannya di sepanjang rute yang melewati Monas, Sarinah, Bundaran HI, dan kembali lagi ke Monas," jelas Yusri.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya