Tom Lembong Pernah Jadi VO Bacakan Berita Soeharto Lengser

Tom Lembong diminta terjemahkan berita pengunduran Soeharto

Jakarta, IDN Times - Thomas Trikasih Lembong, Wakil Kapten Tim Pemenangan Nasional (Timnas) pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengaku sempat menjadi voice over (VO) berita saat Presiden Soeharto lengser dari jabatannya pada 1998. 

Hal itu disampaikan Tom Lembong, sapaan akrabnya dalam program 'Real Talk With Uni Lubis by IDN Times,' Rabu (24/1/2024), di kantor IDN Times, Jakarta.

Tom Lembong pun mengungkapkan beberapa fakta tentang perannya sebagai penerjemah berita siaran pengunduran diri Soeharto tersebut. 

Baca Juga: Tom Lembong Ungkap Arti Logo Lebah Madu Pasangan Anies-Muhaimin

1. Latar belakang Tom jadi VO berita lengsernya Soeharto

Tom Lembong Pernah Jadi VO Bacakan Berita Soeharto LengserTom Lembong dalam "Real Talk With Uni Lubis - PoV Tom Lembong Soal Pilpres 2024" pada Rabu, 24 Januari 2024. (youtube.com/IDN Times)

Tom Lembong mengatakan, pada tahun 1998, dia bersahabat baik dengan Maria Resa yang pada saat itu berperan sebagai Kepala Biro CNN Jakarta. 

“Karena Jakarta dilanda kerusuhan di mana-mana, karena semua orang pada kabur, penerjemah yang lazim dipakai oleh Maria, oleh CNN gak bisa dihubungi, hilang. Terus dia call saya, SMS dan call saya,” ujar Tom.

Setelah itu, kata Tom, Maria menghubunginya untuk menjadi penerjemah Soeharto yang dikabarkan akan mengundurkan diri keesokan harinya.

Baca Juga: Begini Kabinet Ideal untuk Ekonomi RI versi Tom Lembong

2. Tom Lembong menerjemahkan pidato Soeharto ke bahasa Inggris

Tom Lembong Pernah Jadi VO Bacakan Berita Soeharto LengserTom Lembong dalam "Real Talk With Uni Lubis - PoV Tom Lembong Soal Pilpres 2024" pada Rabu, 24 Januari 2024. (youtube.com/IDN Times)

Tom mengatakan, Maria memintanya untuk mengisi siaran langsung pernyataan pengunduran diri Presiden Soeharto. 

“Yah, sebagai teman, oke, siap ya kan. Kasih tahu saya aja, saya harus ke mana harus ngapain,” tutur Tom.

Tom menerjemahkan dengan menggunakan headphone yang memainkan langsung siaranTVRI pengunduran Soeharto sebagai Presiden. 

“Nah, itu saya terjemahkan live, real time, ada mikrofon digital yang langsung ke CNN pusat di Atlanta dan disiarkan ke seluruh dunia,” ucap Tom. 

Baca Juga: Tom Lembong: Indonesia Jangan Tiru Industrialisasi ala China

3. Fakta lain soal suara Tom Lembong

Tom Lembong Pernah Jadi VO Bacakan Berita Soeharto LengserTom Lembong (Instagram.com/tomlembong)

Tom mengatakan, suara nge-bass-nya itu merupakan hasil penggunaan obat asma selama puluhan tahun. 

"Teori saya, kenapa suara saya menjadi seperti ini karena puluhan tahun ngisep obat asma untuk paru-paru, ya," sebut Tom. 

Setelah itu, Tom mengungkapkan bahwa ia merasa beruntung mempunyai suara yang berwibawa yang menurutnya membantu tugasnya sebagai pejabat negara hingga menjadi viral dantrending

“Ya itu realita politik, kita tidak bisa lepas dari gimik, asal gimik jangan mendominasi yah kan, tetap substansi harus mendominasi tapi dibumbuin dikit-dikit dengan gimik gak apa-apa lah itu manusia,” ucap Tom.

Baca Juga: TKN: Tom Lembong Merasa Dirinya Api yang Bisa Bakar Panggung Prabowo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya