Viral Polisi Pungli di Tol Halim, Dirlantas Minta Maaf Janji Diproses

Sebanyak 3 Polantas bakal diproses

Intinya Sih...

  • Video pungli Polantas viral di media sosial
  • Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya meminta maaf atas ulah anggotanya
  • Tiga anggota Polantas terlibat dalam pungutan liar, akan diproses hukum

Jakarta, IDN Times - Viral di media sosial aksi pungutan liar (pungli) oleh polisi lalu lintas (Polantas) ke pengemudi mobil pikap di jalan Tol Halim. Video dari dalam mobil pikap itu diunggah akun TikTok @pickup.lain.

Dalam video tersebut, awalnya mobil pikap itu melaju di Tol Halim menuju Tanjung Priok. Namun di persimpangan jalan, Polantas menghentikan pikap itu dengan alasan menginjak marka jalan.

Polantas itu lalu meminta SIM sopir mobil pikap itu. Lalu, si sopir terlihat mengambil uang beberapa lembar senilai Rp5 ribu dan diberi ke Polantas tersebut.

Polantas kemudian kembali memberikan SIM di sopir dan mempersilakannya kembali jalan.

"Dashcam gak berguna kalau di mobil barang," tulis akun TikTok @pickup.lain dikutip Jumat (5/7/2024).

Baca Juga: Cegah Pungli, Dishub Kota Bekasi Evaluasi Anggota

1. Dirlantas Polda Metro minta maaf

Viral Polisi Pungli di Tol Halim, Dirlantas Minta Maaf Janji DiprosesDirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Menanggapi peristiwa tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman meminta maaf atas ulah anggotanya yang viral tersebut.

"Saya meminta maaf kepada masyarakat dari pada orang yang memang mengalami langsung dan berkomunikasi langsung dengan anggota saya di lapangan. Ini merupakan suatu tindakan yang tidak terpuji oleh anggota kami, dan tentunya saya sekali lagi meminta maaf atas kesalahan ini," ujar Latif di Polda Metro.

2. Sebanyak 3 Polantas ditindak

Viral Polisi Pungli di Tol Halim, Dirlantas Minta Maaf Janji DiprosesViral pungli sopir pikap oleh Polantas di Tol Halim. (tiktok.com/amyournumberonefansdashcam)

Mantan Dirlantas Polda Jawa Timur itu menyebut, kejadian ini terjadi di KM 0+700 Tol Halim arah Semanggi, kemarin. Sebanyak tiga anggota yang terlibat, yaitu Aipda A, Aiptu A dan Brigadir A.

"Langkah-langkah yang sudah kami lakukan tentunya saat ini, tadi anggota sudah kami panggil sudah kami tarik dan kami akan proses. Ini anggota kami ada tiga yang berada di tempat tersebut. Tetapi yang melakukan ini memang satu. Tapi memang tidak saling mengingatkan sehingga tiga tiganya tetap kami lakukan penindakan," ujar dia.

3. Masyarakat diminta melapor jika ada pungli oleh Polantas

Viral Polisi Pungli di Tol Halim, Dirlantas Minta Maaf Janji DiprosesDirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Atas peristiwa ini, Latif meminta masyarakat agar melapor kalau nantinya didapati ada hal serupa. Dirinya pun mewanti-wanti supaya anak buahnya tidak melakukan perilaku tidak terpuji itu.

"Tentunya kita tidak akan henti-henti untuk mengingatkan, karena penilangan secara manual sudah, khususnya di Jakarta, sudah kami sangat batasi. Penilanganya menggunakan ETLE. Jadi penilangan dilakukan untuk khusus manual itu yang betul-betul penyebab kecelakaan," ujarnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya