Terbongkar! Harvey Moeis Tak Memiliki Jet Pribadi, cuma Jadi Penumpang

Jet hadiah untuk anak Harvey ternyata milik perusahaan

Intinya Sih...

  • Jet pribadi yang dipamerkan sebagai hadiah ulang tahun anak Harvey Moeis ternyata milik perusahaan Regal Meters Limited. Ltd.
  • Pesawat jenis Bombardier Challanger 605 dioperasikan oleh PT Express Transportasi Antar Benua pada 2019-2022, dengan Harvey Moeis menjadi penumpang 32 kali.
  • Kejagung telah memeriksa istri Harvey Moeis, Sandra Dewi, untuk mendalami harta kekayaan dan telah menetapkan 22 tersangka dengan kerugian negara sebesar Rp300 triliun.

Jakarta, IDN Times - Kejaksaan Agung (Kejagung) masih terus menelusuri aset milik Harvey Moeis sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Salah satu aset yang telah didalami Kejagung adalah terkait kepemilikan jet pribadi. Berdasarkan penelusuran, ternyata jet tersebut bukan milik Harvey Moeis.

“Ternyata jet pribadi itu bukan atas nama yang bersangkutan, jadi ada dengan perusahaan yang kerja sama dan yang bersangkutan juga tidak menyewa, tapi dia berdasarkan manifest hanya penumpang,” kata Harli di Kejagung, Selasa (2/7/2024).

1. Harvey Moeis 32 kali terbang pakai jet

Terbongkar! Harvey Moeis Tak Memiliki Jet Pribadi, cuma Jadi PenumpangKapuspenkum Kejagung, Harli Siregar (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Harli menjelaskan, pesawat jet yang pernah dipamerkan Harvey Moeis untuk hadiah ulang tahun anaknya, Raphael Moeis itu terdaftar di San Marino dan milik perusahaan Regal Meters Limited. Ltd.

Pesawat jenis Bombardier Challanger 605 dengan nomor register T7 IDR itu dioperasikan oleh PT Express Transportasi Antar Benua pada 2019 sampai 2022.

“Jadi kalau enggak salah ada 32 kali penerbangan memang yang bersangkutan ini menjadi penumpang di pesawat itu,” ujar Harli.

2. Kejagung telah memeriksa istri Harvey Moeis untuk mendalami harta kekayaan

Terbongkar! Harvey Moeis Tak Memiliki Jet Pribadi, cuma Jadi PenumpangSandra Dewi usai diperiksa Kejagung selama 10 jam (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sejauh ini, Kejagung telah dua kali memeriksa istri Harvey Moeis, Sandra Dewi sebagai saksi untuk mendalami soal harta kekayaan. Termasuk penghasilan Sandra Dewi sebagai artis dan bisnis-bisnisnya.

“Kita ketahui saudara SD juga memiliki penghasilan. Di situ juga kami akan menguji. Kami sudah punya data berapa tahun belakangan, penghasilan yang bersangkutan, dan uji apakah harta-harta yang dimiliki apakah pantas, atau wajar dengan aset yang dimiliki," kata Direktur Penyidikan Kejagung, Kuntadi dalam jumpa persnya, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga: Kejagung Buru Jet Pribadi Harvey Moeis dan Sandra Dewi

3. Harvey Moeis dijerat Pasal TPPU

Terbongkar! Harvey Moeis Tak Memiliki Jet Pribadi, cuma Jadi PenumpangKejaksaan Agung (Kejagung) menyita mobil Rolls Royce milik tersangka kasus korupsi timah, Harvey Moeis di Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam perkara ini, Kejagung telah menetapkan 22 tersangka. Enam di antaranya juga dilapis dengan Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), termasuk Harvey Moeis.

Adapun angka kerugian negara sebesar Rp300 triliun itu terdiri dari kerugian atas kerja sama PT Timah Tbk dengan smelter swasta sebesar Rp2,285 triliun, kerugian atas pembayaran bijih timah kepada mitra PT Timah Tbk sebesar Rp26,649 triliun dan kerugian lingkungan sebesar Rp271,1 triliun.

Baca Juga: Kejagung Buru Jet Pribadi Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya