Relawan Ganjar Pindah Dukungan ke Prabowo: Kita Sudah Habis Rp2,2 M

Prabowo-Gibran juga terima dukungan relawan Anies Baswedan

Jakarta, IDN Times - Sahabat Ganjar Pranowo (SGP) berpaling untuk mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Mereka mengungkap kekecewaannya karena merasa telah “berdarah-darah” selama dua tahun mendukung Ganjar tapi tak pernah dianggap.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum SGP, Ahmad Muhdor Ihsan saat menyatakan dukungannya ke pasangan calon 02 di Media Center Prabowo-Gibran di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2023).

“Kita SGP sebetulnya berjuang berdarah-darah dengan tenaga, pikiran, serta materi yang sudah tercatat di dalam kesekretariatan adalah nyuwun sewu, mohon maaf, kita sudah habis Rp2,2 miliar selama 2 tahun,” kata Muhdor.

1. SGP berganti nama BSI dukung Prabowo-Gibran

Relawan Ganjar Pindah Dukungan ke Prabowo: Kita Sudah Habis Rp2,2 MCalon presiden (Capres) Prabowo Subianto menerima dukungan 1.000 Relawan Solidaritas Nelayan di rumahnya, Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2012). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Muhdor menjelaskan, kini SGP Ganjar telah dibubarkan pada 26 Desember 2023. Mereka kemudian membentuk Barisan Santri Indonesia (BSI).

“BSI barisan santri Indonesia bertekad bulat untuk memenangkan pasangan 02 Bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka satu putaran kita bertekad memenangkan satu putaran,” kata Muhdor.

Baca Juga: Prabowo Subianto Terima Dukungan Solidaritas Nelayan Indonesia

2. Prabowo-Gibran juga menerima dukungan dari Relawan Turun Tangan

Relawan Ganjar Pindah Dukungan ke Prabowo: Kita Sudah Habis Rp2,2 MCapres Nomor Urut 01 Anies Baswedan (tengah) bersama Panglima Mandau Adji Ahmad Ismail (kanan) dalam dialog lintas agama dan suku di Kalimantan Timur. (IDN Times/Amir Faisol)

Selain BSI, dalam kesempatan yang sama Prabowo-Gibran juga menerima dukungan dari Relawan Turun Tangan yang sejak 2015 mendukung Anies Baswedan. Relawan Turun Tangan dibentuk untuk mensukseskan beberapa program Kemendikbud.

“Namun, akhir-akhir ini Relawan Turun Tangan kita lihat ada indikasi lain, yang kita lihat tidak ada kesepakatan sama sekali di antara kita sehingga saat menjadi bagian dari politik praktis untuk mencalonkan atau mensukseskan Bapak Anies Baswedan, kami tidak memiliki pemahaman yang sama,” kata Ketua Relawan Turun Tangan, Khoirul Mujahid.

Khoirul menjelaskan, Relawan Turun Tangan akhirnya membentuk relawan baru yakni Jenderal Muda 08.

“Saat ini kami menyatakan keberpihakan kami untuk membantu dan mensukseskan pencalonan Bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming untuk menjadi Presiden Republik Indonesia tahun 2024,” imbuhnya.

Baca Juga: Tak Malu Lanjutkan Program Jokowi,  Prabowo: Saya Bukan Penjilat 

3. TKN Prabowo-Gibran terima migrasi dukungan

Relawan Ganjar Pindah Dukungan ke Prabowo: Kita Sudah Habis Rp2,2 MCalon presiden (Capres) Prabowo Subianto menerima dukungan 1.000 Relawan Solidaritas Nelayan di rumahnya, Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2012). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, menerima dukungan dari dua organ relawan yang migrasi atau berpindah jelang Pilpres 2024 itu.

Wakil Komandan Tim Golf Ahmad Gojali Harahap mengklaim kalau belakangan ini pihaknya memang kerap menerima dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari relawan paslon lain.

"Memang akhir-akhir ini terutama setelah debat pilpres yang ketiga itu migrasi kepada pak Prabowo atau dukungan kepada pak Prabowo itu semakin hari semakin banyak dan mengalir terus," kata Gojali saat jumpa pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jumat (12/1/2024).

Kata dia, beberapa relawan yang migrasi dan menyatakan dukungan untuk Prabowo-Gibran di antaranya yakni, Pendukung Anies-Muhaimin (PAM) dan Pejuang PPP. Dengan adanya dukungan dari relawan paslon lain ini, Gojali berharap Prabowo-Gibran bisa menang sekali putaran.

"Mudah-mudahan kehadiran teman-teman ini bisa menambah kekuatan kita menang sekali putaran," beber dia.

Terlebih kata Gojali, kedua organ relawan tersebut kini sudah memiliki banyak jaringan di beberapa daerah. Kondisi tersebut yang meyakini Gojali, para relawan bisa membantu agenda pemenangan Prabowo-Gibran.

"Dan mereka sudah mempunyai infrastruktur sampai ke tingkat basis provinsi, kabupaten kecamatan dan lain-lain sebagainya tentu mereka nanti juga akan memperkuat barisan ini kemudian bekerja kita secara bersinergi," ujar dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya