Rekayasa Lalu Lintas saat Paus Fransiskus Tiba di Bandara Soetta Besok

Polisi pastikan kedatangan Paus tidak mengganggu masyarakat

Jakarta, IDN Times - Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Selasa (3/9/2024) pukul 11.30 WIB. Kunjungan Paus Fransiskus dari Roma ini dalam rangka perjalanan apostolik ke Indonesia hingga Jumat (6/9/2024).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, polisi bakal memberlakukan rekayasa lalu lintas dari Bandara Soetta hingga Dubes Vatikan di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

“Seluruh jalur yang akan dilintasi oleh bapak Paus ini adalah clear, jadi pada ruas jalan yang akan menuju jalur yang bersamaan tentunya akan kita lakukan penutupan sementara,” kata Latif di Polda Metro Jaya, Senin (2/9/2024).

Baca Juga: Imigrasi Bandara Soetta Sediakan Layanan Khusus untuk Paus Fransiskus

1. Berikut rekayasa lalu lintas dari Bandara Soetta hingga Dubes Vatikan

Rekayasa Lalu Lintas saat Paus Fransiskus Tiba di Bandara Soetta BesokPaus Fransiskus ketika memimpin misa. (www.instagram.com/@franciscus)

Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan situasional. Berikut jalur yang akan mengalami rekayasa lalu lintas. Jalur dari Bandara Soetta, Tol Sudiatmo, Tol Dalam Kota, jalur Sudirman-Thamrin sampai dengan dubes Vatikan akan dilakukan penutupan menyeluruh secara situasional.

“Clear pada saat Paus mendekati sekitar radius 1 kilometer, kita sudah lakukan clear dari pada seluruh kendaraan yang ada,” ujarnya.

2. Polisi pastikan kedatangan Paus tidak mengganggu lalu lintas masyarakat

Rekayasa Lalu Lintas saat Paus Fransiskus Tiba di Bandara Soetta BesokDirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Namun demikian, Latif memastikan rekayasa lalu lintas saat Paus tiba ini tidak akan mengganggu lalu lintas masyarakat. Sebab, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan sesaat.

“Kalau kedatangan insya Allah tidak akan terganggu dan hanya sesaat pada saat Paus ingin melintas karena ini rangkaian kebesaran jalur memang harus clear tidak boleh ada (mobil) masuk ke tol atau tetap mengalir tapi di jalur arteri,” ujarnya.

Baca Juga: Profil Paus Fransiskus, Pemimpin Katolik Kunjungi Indonesia

3. Rekayasa lalu lintas selama Paus Fransiskus di Indonesia

Rekayasa Lalu Lintas saat Paus Fransiskus Tiba di Bandara Soetta BesokPanglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi (ujung kiri) dan Komandan Korps Brimob Mobile Polri Komjen (Pol) Imam Widodo (kanan) ketila memeriksa pasukan pengamanan gabungan TNI-Polri untuk pengamanan kegiatan Paus Fransiskus. (ANTARA FOTO/Genta Tenri Mawangi)

Rekayasa lalu lintas Rabu (4/9/2024) di Gereja Katedral mulai 16.00 WIB.

  • Rute pengalihan lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI, Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan Thamrin sisi Barat-Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat-Jalan Majapahit-Jalan Juanda Jalan Pos-Jalan Gunung Sahari-dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan Wahid Hasyim-Jalan Mas Mansyur-dan seterusnya.

Rekayasa Lalu Lintas Kamis (5/9/2024) di Masjid Istiqlal mulai 08.30 WIB

  • Rute pengalihan lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI, Tanah Abang, Kebon Sirih,Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan Thamrin sisi Barat-Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat-Jalan Majapahit-Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gunung Sahari-dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan Wahid Hasyim-Jalan Mas Mansyur-dan seterusnya.

Rekayasa lalu lintas Kamis (5/9/2024) di Gelora Bung Karno mulai 15.30 WIB.

  • Lalu lintas dari arah Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat menggunakan Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U-Turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fachrudin-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim-dan seterusnya.
  • Lalu Lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah berputar di depan U-turn Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S Parman-dan seterusnya.
  • Lalu Lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan RM Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr Saharjo-Jalan Prof Dr Soepomo-Jalan MT Haryono-dan seterusnya.

Baca Juga: Politik Kemanusiaan Paus Fransiskus

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya