Prabowo Subianto Terima Dukungan Solidaritas Nelayan Indonesia

Prabowo juga teken kontrak politik dengan SNI

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (Capres) Prabowo Subianto menerima dukungan kelompok Solidaritas Nelayan Indonesia (SNI) di rumahnya, Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2012).

Pantauan IDN Times di lokasi, ratusan relawan itu berkumpul sejak pukul 14.00 WIB. Mereka menantikan kedatangan Prabowo sambil meneriakkan yel-yel ‘Prabowo menang satu putaran’.

Menteri Pertahanan (Menhan) itu baru tiba di Kertanegara pukul 16.00 WIB. Kedatangan Prabowo disambut riuh teriakan relawan serta diiringi lantunan selawat.

“Saya kira yang datang hanya 30 orang ternyata yang datang….,” kata Prabowo disambut teriakan relawan mengawali sambutannya.

1. Prabowo ucap rasa terima kasihnya kepada SNI

Prabowo Subianto Terima Dukungan Solidaritas Nelayan IndonesiaCalon presiden (Capres) Prabowo Subianto menerima dukungan 1.000 Relawan Solidaritas Nelayan di rumahnya, Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2012). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Prabowo kemudian menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para nelayan yang jauh-jauh datang ke Jakarta untuk menyampaikan dukungannya. Bagi Prabowo, nelayan, petani dan buruh adalah pahlawan.

“Para nelayan mempertaruhkan nyawanya untuk mencari makan dan saya paham bahwa para nelayan menghasilkan makan untuk rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

“Saya selalu hormat saya selalu merasakan bahwa kaum nelayan kita sungguh-sungguh adalah pahlawan tiap hari kalian berada di laut menghadapi cuaca menghadapi bahaya. Saudara berjuang mempertaruhkan jiwa raga badanmu sambil keluargamu menunggu di rumah di pantai dengan hati yang was-was di mana mereka mungkin yang ditinggal di rumah belum yakin bahwa suaminya atau putranya akan kembali dan saya melihat dan saya mengerti dan saya paham bahwa perjuanganmu berat,” imbuhnya.

Baca Juga: TKN Bakal Laporkan Koran Achtung, Sebut Prabowo Penculik Aktivis 1998

2. Prabowo berjanji untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan

Prabowo Subianto Terima Dukungan Solidaritas Nelayan IndonesiaCalon presiden (Capres) Prabowo Subianto menerima dukungan 1.000 Relawan Solidaritas Nelayan di rumahnya, Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2012). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ia pun bertekad bakal bekerja keras jika Prabowo-Gibran diberi mandat sebagai presiden dan wakil presiden 2024. Prabowo berkomitmen bakal memperbaiki hidup para nelayan.

“Komitmen saya itu sumpah saya kepada rakyat Indonesia. Nelayan sama dengan para petani menghasilkan pangan untuk rakyat Indonesia menghasilkan protein untuk rakyat Indonesia. Tanpa pangan, tidak ada negara, tanpa pangan tidak ada Republik Indonesia,” kata Prabowo.

“Kebijakan-kebijakan harus kita susun untuk berpihak kepada rakyat, kita berpihak kepada nelayan kita sendiri,” sambung Prabowo.

Baca Juga: Tak Malu Lanjutkan Program Jokowi,  Prabowo: Saya Bukan Penjilat 

3. Prabowo teken kontrak politik dengan Solidaritas Nelayan Indonesia

Prabowo Subianto Terima Dukungan Solidaritas Nelayan IndonesiaCalon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto di Lampung (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Tak hanya mengumbar janji, Prabowo pun meneken kontrak politik yang disodorkan oleh Ketua Relawan Solidaritas Nelayan, Hadi Sutisno. Kontrak politik itu pun dibacakan oleh Hadi di depan Prabowo dan ratusan relawan.

“Solidaritas Nelayan Indonesia berkomitmen untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia pada pemilu 2024, satu putaran,” kata Hadi membacakan poin pertama kontrak politik.

Jika Prabowo menang, ia berjanji dalam kontrak politik itu untuk menjamin akses yang lebih baik ke sumber daya perikanan, termasuk pemenuhan kebutuhan peralatan, teknologi, dan pelatihan yang diperlukan.

Selanjutnya, menjamin perlindungan hukum, kepastian usaha dan keberpihakan. Meningkatkan kesejahteraan ekonomi nelayan dengan memperkuat pasar lokal, memperbaiki sistem distribusi dan meningkatkan nilai tambah produk perikanan.

Selain itu, meningkatkan infrastruktur dan aksesibilitas yang memadai termasuk perbaikan dan pembangunan pelabuhan, jalan dan sarana transportasi lainnya yang mendukung aktivitas nelayan.

Terakhir, memposisikan Solidaritas Nelayan Indonesia sebagai mitra pemerintah dalam perencanaan tata kelola perikanan di Indonesia.

“Dalam Perjanjian kontrak politik ini dibuat, ditandatangani oleh Bapak Prabowo dan Hadi Sutisno selaku ketua umum Solidaritas Rakyat Indonesia,” kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya