Polri Koordinasi dengan Atase Polisi Cari Dosen UII yang Hilang

Polri bantu pencarian Ahmad Munasir Rafie

Jakarta, IDN Times -  Dosen Universitas Islam Indonesia (UII), Ahmad Munasir Rafie Pratama, dilaporkan hilang di Istanbul, Turki dalam perjalanan pulang ke Indonesia, dari Oslo, Norwegia. Dia sebelumnya mengikuti serangkaian aktivitas di University of South Eastern Norway (USN).

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) serta Atase Polisi (Atpol) guna melacak keberadaan Ahmad.

"Sudah koordinasi dengan Kemenlu dan Atpol wilayah," kata Dedi, Senin (20/2/2023).

1. Dosen UII masih dalam pencarian

Polri Koordinasi dengan Atase Polisi Cari Dosen UII yang HilangAhmad Munasir Rafie Pratama hilang kontak saat perjalanan pulang dari Norwegia. (Dok. Polda DI Yogyakarta)

Kendati demikian, Dedi menjelaskan bahwa sampai saat ini belum terdapat perkembangan lebih lanjut mengenai hasil pencarian Ahmad. Proses pencarian pun masih terus dilakukan.

"Belum ada update-nya," tutur Dedi.

Baca Juga: Dosen UII yang Hilang Terdeteksi Ada di Boston AS

2. Polri melakukan penelusuran jejak Ahmad Munasir Rafie

Polri Koordinasi dengan Atase Polisi Cari Dosen UII yang HilangDosen UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama, hilang kontak saat perjalanan pulang dari Norwegia. (Dok. UII)

Sebelumnya, Polri menyatakan bakal melakukan penelurusan jejak atau melacak keberadaan dosen Universitas Islam Indonesia Ahmad Munasir Rafie Pratama yang hilang kontak sejak 11 Februari lalu di Norwegia.

"Sejauh ini di Hubinter (Divisi Hubungan Internasional Polri) belum mendapatkan info tersebut," kata Dedi.

Akan tetapi, Dedi mengatakan bahwa pihaknya akan ikut melecak kebaradaan Ahmad di Norwegia.

“Hubinter akan trace dulu," imbuh Dedi.

3. Munasir Rafie diduga sengaja menghilangkan diri

Polri Koordinasi dengan Atase Polisi Cari Dosen UII yang HilangKepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Universitas Islam Indonesia (UII) kini tengah mencari keberadaan, salah satu dosennya, Ahmad Munasir Rafie Pratama yang hilang kontak sejak 11 Februari lalu di Norwegia.

Tim UII yang melawat ke Norwegia terdiri dari empat orang, termasuk Rektor UII Fathul Wahid. Mereka mengunjungi USN untuk mempererat kerja sama kedua universitas, dengan dukungan pendanaan dari Uni Eropa melalui skema Erasmus+.

Fathul Wahid dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan, setelah mengikuti aktivitas di USN selama sepekan sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo.

Wahid menyatakan berjumpa terakhir dengan Ahmad Munasir di Oslo pada malam 11 Februari 2023.

"Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. Pak Ahmad Munasir sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki," kata Rektor UII.

Menurut rencana yang tersampaikan secara lisan, rute perjalanan yang akan dilalui Ahmad Munasir adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. Namun, yang bersangkutan tidak berbagi informasi penerbangan detail kepada kolega di UII dan juga kepada istrinya.

Baca Juga: UII Minta Bantuan Interpol Lacak Dosen yang Hilang di Turki 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya