Polda Metro Tangkap Sopir Fortuner Arogan Pakai Plat TNI Palsu

TNI sebut pelaku merupakan pengusaha bukan anggota

Jakarta, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya akhirnya menangkap sopir Fortuner berplat TNI palsu yang berkendara ugal-ugalan di Tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada Selasa, 16 April 2024.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi membenarkan penangkapan tersebut.

“Benar sudah diamankan dan sedang dilakukan pendalaman,” kata Ade saat dihubungi, Rabu (17/4/2024).

1. Pelaku merupakan warga sipil berprofesi pengusaha

Polda Metro Tangkap Sopir Fortuner Arogan Pakai Plat TNI PalsuIlustrasi borgol. (IDN Times)

Awalnya, penangkapan ini diungkap akun Instagram resmi Puspom TNI @puspomTNI. Pelaku berinisial PWGA, berhasil ditangkap di kediamannya yang berada di Cempaka Putih.

“Dari hasil pemeriksaan dipastikan yang bersangkutan merupakan warga sipil yang berprofesi sebagai seorang pengusaha. (bukan seorang anggota TNI),” tulis akun Puspom TNI.

Baca Juga: Viral Pengemudi Mobil Pelat TNI Cek-cok di Tol, Bawa Nama Jenderal

2. Pelaku menggunakan plat palsu untuk menghindari aturan ganjil-genap

Polda Metro Tangkap Sopir Fortuner Arogan Pakai Plat TNI PalsuPemerintah siapkan rekayasa lalu lintas untu antisipasi puncak arus balik Lebaran di tol Cikampek (Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan)

Saat ini pelaku sedang menjalani pemeriksaan untuk tuduhan pemalsuan, sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 263 KUHP berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B/2005/IV/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA, Tanggal 12 April 2024.

“Adapun motif pelaku memalsukan plat dinas TNI Noreg 84337-00 tersebut semata-mata untuk menghindari peraturan lalu lintas ganjil genap di wilayah Jakarta,” ujar Puspom TNI.

“Selanjutnya pelaku akan mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut dengan menjalani proses hukum di Polda Metro Jaya,” lanjutnya.

3. Pelaku dilaporkan Purnawirawan TNI dan korban penyerempetan

Polda Metro Tangkap Sopir Fortuner Arogan Pakai Plat TNI PalsuGuru besar Unhan Asep Adang Supriyadi melaporkan kepemilikan nomor pelat yang digunakan oleh Toyota Fortuner. (Dokumentasi Istimewa)

Sebelumnya, pelaku telah resmi dilaporkan oleh Purnawirawan TNI Asep Adang sebagai pemilik asli nomor pelat dinas TNI di Polda Metro Jaya. Selain itu, korban penyerempetan aksi ugal-ugalan pelaku yakni Marcellina Irianti Deca (25) dan Komang Dimas (23) juga melapor ke Bareskrim Polri.

Peristiwa tersebut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, KM 57 pada Rabu, 10 April 2024. Saat itu korban diserempet mobil pelaku, namun ketika mereka ingin meminta penjelasan, pelaku justru bertindak arogan dan mengaku sebagai adik seorang Jenderal TNI. Peristiwa itu pun viral di media sosial.

"Bapak dinas di mana?" ucap salah seorang penumpang di mobil sipil yang disenggol sebelum pengendara Fortuner tancap gas.

"Mabes TNI," jawab pria yang menggunakan pelat Mabes TNI yang langsung keluar dari mobilnya.

"Atas nama siapa?" tanya penumpang sipil.

"Kakak saya jenderal," jawab pria itu dan kemudian menyebut nama kakaknya adalah Sonny Abraham.

Baca Juga: Kasus Oknum TNI Diduga Aniaya Warga Papua Dituntut Harus Selesai

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya