Pilot Susi Air Philip Terbang ke Jakarta, Tiba di Halim Pukul 8 Malam

Kapten Philip dikawal Kepala Operasi Damai Cartenz

Jakarta, IDN Times - Usai bebas dari sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Kapten Philip Mark Mehrtens diterbangkan ke Jakarta hari ini, Sabtu (21/9/2024).

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024 Kombespol Dr. Bayu Suseno mengatakan, Pilot Susi Air itu telah berangkat menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara.

"Hari ini, Sabtu, 21 September 2024, Pilot Philip Mark Mehrtens diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat TNI AU. Pesawat dijadwalkan transit di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, untuk mengisi bahan bakar, sebelum melanjutkan penerbangan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta, dan diperkirakan tiba pada pukul 20.00 WIB," ujar Bayu dalam keterangan tertulisnya.

Dalam perjalanannya, Kapten Philip dikawal Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Tim Satgas Nanggala, Polda Papua, Kogabwilhan III, serta Pilot Afis, yang merupakan rekan dari Pilot Philip Mark Mehrtens.

“Kami meminta Doa dari seluruh masyarakat agar penerbangan tersebut berlangsung lancar dan selamat hingga Pilot Philip Mark Mehrtens dan rombongan tiba di Jakarta,” ujarnya.

Kapten Philip disandera KKB selama 1,5 tahun. WNA Selandia Baru itu dibebaskan KKB setelah melalui proses negosiasi panjang. Dalam negosiasinya, Satgas Damai Cartenz bersama TNI-Polri melibatkan tokoh masyarakat hingga tokoh gereja.

Hal tersebut membuahkan hasil, Kapten Philip dibebaskan dan dijemput Tim Gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Baca Juga: Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Dibebaskan KKB

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya