LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih Muda

Prabowo-Gibran 39,3 persen dan Ganjar-Mahfud 36,9 persen

Jakarta, IDN Times - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei terbaru dengan hasil elektabilitas pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Survei yang dilakukan pada 4-12 September 2023 itu digelar secara tatap muka menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Adapun margin of error survei ini sebesar 2,9 persen.

“Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 39,3 persen. Posisi kedua adalah Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 36,9 persen. Posisi ketiga adalah Anies-Muhaimin dengan 15 persen,” kata Direktur Citra Publik LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Bagaimana Hubungan Jokowi dan Megawati?

1. Prabowo-Gibran unggul jika pilpres dilakukan saat survei

LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih MudaPrabowo bertemu dengan Gibran. (dok. Gerindra)

Hanggoro menjelaskan, selisih Prabowo-Gibran dengan pesaing terdekatnya, yaitu Ganjar-Mahfud sebesar 2,4 persen. Sementara selisih antara Prabowo-Gibran dengan Anies–Muhaimin sebesar 24,3 persen.

“Adapun selisih antara Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin sebesar 21,9 persen. Jika pilpres dilakukan saat hari survei dilakukan, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud masuk ke putaran kedua,” ujar dia.

“Dalam putaran kedua, jika pilpres dilakukan saat survei dilaksanakan, Prabowo-Gibran kalahkan Ganjar-Mahfud cukup telak. Selisih elektabilitas dua pasangan ini mencapai 8,1 persen. Prabowo-Gibran berada di angka 52,5 persen, sedangkan Ganjar-Mahfud berada di angka 44,4 persen,” imbuhnya.

Baca Juga: Semua Ketum KIM Akan Antar Prabowo-Gibran ke KPU Besok

2. Prabowo-Gibran unggul di pemilih usia muda

LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih MudaPrabowo Subianto dan Gibran Rakabumingraka (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/Mohammad Ayudha)

Pasangan Prabowo dan Gibran juga diprediksi menang di pemilih dengan usia muda. Sedangkan, pasangan Ganjar-Mahfud diprediksi menang di pemilih usia tua.

“Pemilih dengan usia di bawah 30 tahun, pilihan paling banyak kepada Prabowo-Gibran 49,5 persen. Pemilih dengan usia lebih dari 30 tahun pilihan paling banyak kepada Ganjar-Mahfud 38-39,8 persen,” kata Hanggoro.

Adapun Generasi Z (17-23 tahun) pilihan paling banyak jatuh kepada Prabowo-Gibran yang mencapai 50 persen. Generasi milenial (24 - 42 tahun) pilihan paling banyak juga ke Prabowo-Gibran 39,4 persen.

“Generasi lainnya usia di atas 42 tahun pilihan paling banyak kepada Ganjar-Mahfud 39,1 persen,” kata Hanggoro.

Baca Juga: Besok Daftar ke KPU, Gibran: Doakan Semua Lancar

3. Gibran berpotensi menambah suara dari pemilih Jateng, milenial, dan pemilih Jokowi

LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Pemilih MudaWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sambangi Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hanggoro mengatakan, potensial tambahan suara dari Gibran minimal berasal dari tiga kantong suara. Pertama pemilih di Jawa Tengah 13,39 persen. Kedua, pemilih milenial 48,5 persen. Ketiga, pemilih yang puas terhadap Jokowi 70–80 persen.

Dari Mahfud MD, tambahan suara potensial minimal berasal dari dua segmen masyarakat. Pertama, pemilih NU dengan populasi sekitar 50 persen. Kedua, pemilih militan antikorupsi yang jumlahnya sekitar 10 persen.

“Namun tentu saja pemilih NU tak pernah satu suara. Mereka bisa saja memilih pasangan capres yang berbeda dibandingkan imbauan guru dan para kiai-nya,” ujarnya.

"Dari Muhaimin Iskandar, tambahan suara minimal berasal dari dua hal. Pertama, pemilih NU dengan populasi sekitar 50 persen. Kedua, dari pemilih PKB dibawah 10 persen," imbuhnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Dinilai Ideal Lanjutkan Perjuangan Sandi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya