Konvoi Ribuan Orang Minta Negara Islam Perjuangkan Palestina

Konvoi roda dua itu digelar sejak pagi tadi

Intinya Sih...

  • Konvoi ribuan orang sepeda motor dari Masjid Al-Azhar ke JIEXPO Kemayoran mendukung kemerdekaan Palestina.
  • Bachtiar Nasir berharap negara-negara Islam terus perjuangkan Palestina, karena dukungan saat ini cenderung menurun.
  •  

Jakarta, IDN Times - Aksi konvoi ribuan orang dengan sepeda motor pada Sabtu (27/7/2024) dari Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan ke JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat digelar untuk mendukung Palestina.

Inisiator Indonesia Peace Convoy, Ustaz Bachtiar Nasir, mengatakan, salah satu tujuan konvoi tersebut berharap negara-negara Islam terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Sebab, Bachtiar menyebut dukungan negara-negara Islam saat ini cenderung menurun.

“Sekarang kelihatannya pembelaan itu berkurang bahkan cenderung melakukan normalisasi hubungan dengan Israel,” kata Bachtiar di Kemayoran.

“Kemudian pernyataan Netanyahu yang mengatakan bahwa tidak ada two state solution terakhir ini membuktikan bahwa dia ingin meniadakan bangsa Palestina sepenuhnya dan ini harus kita tolak,” imbuhnya.

Baca Juga: Aksi Palestina, Ribuan Orang Konvoi dari Masjid Al-Azhar ke JIEXPO

1. Ribuan orang mengikuti konvoi

Konvoi Ribuan Orang Minta Negara Islam Perjuangkan PalestinaAksi Lampung untuk Palestina, Minggu (22/10/2023). (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ribuan orang dari komunitas motor, tokoh agama, dan masyarakat bergabung dalam aksi solidaritas dukungan terhadap kemerdekaan Palestina tersebut. Acara ini digelar dengan tema Indonesia Peace Convoy.

“Peserta ini kelihatannya puluhan ribu kendaraan, ya. Jumlahnya wallahualam, mungkin 20 ribuan,” kata dia.

Baca Juga: Indonesia Singgung Palestina di Pertemuan ASEAN-Inggris 

2. Aksi konvoi suarakan kemerdekaan Palestina

Konvoi Ribuan Orang Minta Negara Islam Perjuangkan PalestinaPoster Aksi Lampung Bersama Palestina, Minggu (22/10/2023). (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Di JIEXPO Kemayoran, peserta konvoi disambut bazar makanan, mural, live musik hingga lelang barang untuk donasi ke Palestina.

Adapun maksud dari aksi ini adalah hanya untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

“Tuntutannya jelas, kemerdekaan penuh Palestina harus segera dikumandangkan, dan kami Indonesia mendukung itu sepenuhnya,” ujar Bachtiar.

Baca Juga: Kamala Harris Kecam Demo Pro-Palestina di AS 

3. Bachtiar berharap aksi solidaritas juga dilakukan kota-kota lain

Konvoi Ribuan Orang Minta Negara Islam Perjuangkan PalestinaAksi Lampung untuk Palestina, Minggu (22/10/2023). (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Bachtiar mengatakan, aksi solidaritas untuk Palestina ini bukan yang pertama kali di Indonesia. Namun ia berharap aksi-aksi seperti ini bisa diikuti oleh kota-kota lainnya untuk mendukung Palestina.

“Harapannya nanti di seluruh kota di Indonesia melakukan hal yang sama. Nanti kita akan buat juga di tingkat global, tapi setelah exercise di negeri masing-masing, kita akan berangkat bersama-sama ke Palestina,” kata dia.

Baca Juga: Indonesia Dorong Jepang-Korsel Segera Akui Palestina

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya