Ketum PBB: Ledakan di Kantor DPP Pasar Minggu Terjadi karena Kelalaian

Tidak ditemukan unsur bahan peledak

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Fahri Bachmid mengatakan, adanya unsur kelalaian dalam peristiwa ledakan yang terjadi di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Jumat (21/9/2024) malam. 

Hal tersebut berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh Polres Jakarta Selatan hingga tim Gegana Brimob.

“Dalam melakukan rangkaian pemeriksaan secara intensif tersebut, tim berkesimpulan tidak ditemukan unsur bahan peledak ataupun teror, akan tetapi peristiwa ini lebih kepada persoalan teknis maupun unsur kelalaian ‘elements of human negligence’ yang pada prinsipnya tidak disengaja sehingga menimbulkan percikan kecil di dalam ruangan,” ujar Fahri kepada IDN Times.

Fahri menjelaskan, awalnya terjadi kebakaran disusul suara letupan di salah satu ruangan di lantai dua kantor DPP.

Sekitar pukul 17.28 WIB melalui CCTV terlihat muncul api di salah satu laci lemari di ruangan tersebut. Kemudian pada pukul 17.30 WIB terdengar letupan seperti suara koper jatuh.

“Atas kesigapan petugas yang berjaga di kantor DPP PBB, ahirnya api berhasil dipadamkan, yang di dalam proses pemadaman api kurang lebih 10-15 menit. Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam insiden ini,” ujarnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya