Kejagung Limpahkan Dirut PT SMIP, Tersangka Impor Gula

Sementara Rony Rosfyandi masih diurus berkasnya

Jakarta, IDN Times - Kejaksaan Agung (Kejagung) melimpahkan tersangka RD dan barang bukti terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi kegiatan importasi gula PT SMIP 2020-2023. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Harli Siregar mengatakan, Direktur PT SMIP itu dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Riau.


"Yang sedang limpah tahap II ke KN Pekanbaru atas nama RD," kata Harli kepada IDN Times, Kamis (25/7/2024).

Sementara itu, untuk tersangka Ronny Rosfyandi (RR) selaku Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Riau periode 2019-2021 masih dalam tahap pemberkasan.

"Sedangkan RR belum," ujar Harli.

Dalam kasus ini, RD selaku Direktur PT SMIP pada 2021 telah memanipulasi data importasi gula kristal mentah dengan memasukkan gula kristal putih. Dilakukan penggantian karung kemasan seolah-olah telah melakukan importasi gula kristal mentah untuk kemudian dijual pada pasar dalam negeri.

Perbuatan RD diduga bertentangan dengan Peraturan Menteri Perdagangan juncto Peraturan Menteri Perindustrian dan Peraturan Perundang-undangan lainnya, sehingga ditemukan adanya kerugian keuangan negara dalam kegiatan importasi gula yang dilakukan PT SMIP.

Sementara itu, Ronny diduga mencabut keputusan pembekuan izin sertifikat PT SMIP. Dengan tujuan PT SMIP bisa mendatangkan impor gula.

Ronny juga melakukan pembiaran terhadap aktivitas sehingga PT SMIP dengan bebas bisa mengeluarkan gula dan yang seharusnya dalam pengawasan padahal sebelumnya kawasan tersebut sudah dibekukan.

Atas perbuatannya, Ronny diduga telah menerima sejumlah uang dan akibatnya sebanyak 26 ribu ton gula bisa dikeluarkan dari gudang kawasan tersebut dengan tidak sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Kejagung Periksa Direktur Utama PT SMIP Terkait Kasus Impor Gula

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya