Kapten Philip Bakal Dibawa ke Mabes Polri Setelah Tiba di Jakarta

Philip Mehrtens disandera KKB selama 1,5 tahun

Jakarta, IDN Times - Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens telah diterbangkan ke Jakarta pada Sabtu (21/9/2024). Philip dijadwalkan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 20.00 WIB.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombespol Dr. Bayu Suseno, mengatakan, Kapten Philip akan dibawa ke Mabes Polri setelah tiba di Jakarta.

“Ke Mabes Polri,” kata Bayu saat dihubungi, Sabtu.

Sebelumnya, Kapten Philip diinformasikan telah diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat TNI AU. Pesawat dijadwalkan transit di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar untuk mengisi bahan bakar dan lanjut menuju Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta.

Dalam perjalanannya, Kapten Philip dikawal Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Tim Satgas Nanggala, Polda Papua, Kogabwilhan III, serta Pilot Afis yang merupakan rekannya.

“Kami meminta doa dari seluruh masyarakat agar penerbangan tersebut berlangsung lancar dan selamat hingga Pilot Philip Mark Mehrtens dan rombongan tiba di Jakarta,” ujar Bayu.

Kapten Philip disandera KKB selama 1,5 tahun. WNA Selandia Baru itu dibebaskan KKB setelah melalui proses negosiasi panjang. Dalam negosiasinya, Satgas Damai Cartenz bersama TNI-Polri melibatkan tokoh masyarakat hingga tokoh gereja.

Hal tersebut membuahkan hasil, Kapten Philip dibebaskan dan dijemput Tim Gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Baca Juga: Kronologi Bebasnya Pilot Susi Air Kapten Philip dari Penyanderaan KKB

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya