Kapolri: Kita Menghadapi Kondisi Rentan Serangan Siber

TIK Polri bakal melakukan test penyerangan berkala

Intinya Sih...

  • Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan pengamanan dari serangan siber.
  • Sigit telah menyusun regulasi terkait layanan digital Polri dan melakukan peningkatan infrastruktur pengamanan data internal.
  • Tim TIK Polri bakal melakukan test penyerangan secara berkala untuk memastikan sistem pengamanan tetap layak digunakan.

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajaran untuk mempersiapkan pengamanan dari serangan siber.

Sigit mengatakan hal tersebut penting dilakukan seluruh jajaran karena kejahatan siber marak terjadi dan menyasar seluruh pihak.

"Kita menghadapi kondisi yang rentan terkait dengan masalah serangan siber. Sehingga mau tidak mau, kita harus mempersiapkan pengamanan di bidang serangan siber," ujar Listyo dalam Rakorwas Kompolnas-Polri di Hotel Discovery Ancol, Rabu (17/7/2024).

Baca Juga: Kapolri Klaim Tidak Antikritik: Kami Tak Ingin Jadi Organisasi Stagnan

1. Kapolri telah menyusun regulasi layanan digital Polri

Kapolri: Kita Menghadapi Kondisi Rentan Serangan SiberKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri rakorwas Kompolnas dan Polri tahun 2024 di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Rabu (17/7/2024). (dok. Humas Polri)

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Sigit telah menyusun sejumlah regulasi terkait layanan digital Polri. Ia mengatakan seluruh aplikasi hingga situs web yang dimiliki Polri harus melewati sistem asesmen dari Komite TIK.

Selain itu, Sigit mengatakan pihaknya telah mulai melakukan peningkatan infrastruktur pengamanan data internal seperti perangkat anti DDOS.

"Kita melakukan peningkatan infrastruktur pengamanan data mulai dari perangkat anti-ddos dan tentunya beberapa sistem pengamanan lain," jelasnya.

Baca Juga: Serangan Siber di Perbankan Kian Canggih, Ini Tren Keamanan Masa Depan

2. TIK Polri bakal melakukan test penyerangan berkala

Kapolri: Kita Menghadapi Kondisi Rentan Serangan SiberKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri rakorwas Kompolnas dan Polri tahun 2024 di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Rabu (17/7/2024). (dok. Humas Polri)

Sigit mengatakan tim TIK Polri juga bakal melakukan test penyerangan secara berkala untuk memastikan sistem pengamanan tetap layak digunakan.

"Sistem keamanan yang sudah kita buat harus kita coba untuk kita terobos, apakah ini masih baik atau harus kita tingkatkan lagi," tuturnya.

"Ini tentunya terus kita lakukan, karena perkembangan kejahatan siber terus meningkat. Sehingga selalu dibuat hal-hal baru untuk bisa menerobos sistem keamanan," imbuhnya.

Baca Juga: KPAI Desak Kapolri Percepat Ekshumasi Jenazah Afif Maulana

3. Polri bentuk Computer Security Incident Response Team

Kapolri: Kita Menghadapi Kondisi Rentan Serangan SiberKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka pelaksanaan Rapim Polri di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis (29/2/2024). (dok. Humas Polri)

Sigit mengatakan tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) telah dibentuk. Tim itu bertugas melakukan penyelidikan serta penindakan pelaku kejahatan di bidang siber.

"Tentunya dalam hal ini kami bekerja dengan rekan-rekan dari Badan Sandi Siber Negara (BSSN), dari Badan Intelijen Negara (BIN), maupun dari Badan Intelijen Strategis (Bais)," imbuhnya.

Sebelumnya, Mabes Polri merekrut 45 orang calon perwira dengan kemampuan khusus untuk menangani tindak pidana kejahatan siber.

Asistensi Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Dedi Prasetyo mengatakan proses rekrutmen dilakukan melalui jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS).

Dedi mengatakan rekrutmen khusus calon perwira dengan kemampuan IT sengaja dilakukan dalam rangka penguatan sumber daya internal kepolisian.

"SSDM Polri sesuai tugas dan fungsinya, serta sesuai arahan Kapolri, merekrut personel untuk memperkuat kemampuan memerangi kejahatan siber," kata dia.

"Di mana kejahatan atau gangguan keamanan dan ketertiban tidak hanya terjadi di lapangan, tetapi juga di dunia virtual," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya