Istri Para Tersangka Kasus Timah Diperiksa soal Harta Hasil Kejahatan

Salah satu yang diperiksa adalah Sandra Dewi

Intinya Sih...

  • Kejaksaan Agung memeriksa istri para tersangka kasus korupsi timah, termasuk Sandra Dewi
  • Pemeriksaan dilakukan untuk klarifikasi harta dan aset milik para tersangka yang diduga hasil kejahatan, termasuk kepemilikan jet pribadi Harvey Moeis.
  • Kejagung juga mendalami perjanjian pranikah Sandra Dewi dengan Harvey terkait kepemilikan harta serta menguji penghasilan dan aset yang dimiliki oleh Sandra Dewi.

Jakarta, IDN Times - Selain memeriksa istri Harvey Moeis, Sandra Dewi, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI juga memeriksa istri tersangka kasus korupsi timah lainnya.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan, terdapat sebelas orang saksi yang diperiksa hari ini, Rabu (15/5/2024).

“Sebelas orang saksi di antaranya saudari SD, EK, RS, AG, DSA, ALY, ECS yang merupakan istri para tersangka,” kata Ketut dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Kejagung Dalami Perjanjian Pranikah Sandra Dewi dengan Harvey Moeis

1. Kejagung juga periksa dua tersangka timah

Istri Para Tersangka Kasus Timah Diperiksa soal Harta Hasil KejahatanTersangka kasus korupsi timah, Helena Lim (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ketut menjelaskan, pihaknya juga memeriksa dua tersangka kasus timah yakni Helena Lim alias HLN dan Rosalina alias RL. Pemeriksaan keduanya dilakukan oleh Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidus).

“Adapun pemeriksaan tersebut dilakukan guna melakukan klarifikasi harta ataupun aset milik para tersangka, yang bisa atau tidak bisa dipertanggungjawabkan sehingga diduga kuat sebagai hasil kejahatan,” ujar Ketut.

2. Kejagung dalami kepemilikan jet pribadi Harvey Moeis

Istri Para Tersangka Kasus Timah Diperiksa soal Harta Hasil KejahatanHadiah Harvey Moeis untuk Sandra Dewi dan anak-anaknya (Instagram.com/sandradewi88)

Dalam pemeriksaan terhadap Sandra Dewi, Kejagung mendalami soal dugaan kepemilikan jet pribadi Harvey Moeis. Kejagung sedang mengusut kebenaran dan asal usul soal jet pribadi tersebut.

“Aset yang terindikasi sebagai hasil tindak pidana dari tersangka HM seperti pesawat jet, yakni mengenai tipe, kepemilikan, tahun perolehan, tempat penyimpanan (keberadaan pesawat jet), nama dan nomor teregistrasi,” kata Ketut.

3. Kejagung dalami perjanjian pranikah Harvey dengan Sandra

Istri Para Tersangka Kasus Timah Diperiksa soal Harta Hasil KejahatanKejaksaan Agung menggeledah kediaman suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis di Pakubuwono, Jakarta Selatan pada Senin (1/4/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain itu, pemeriksaan terhadap Sandra dilakukan untuk mendalami perjanjian pranikah dengan Harvey terkait kepemilikan harta.

“Kita mendalami tentang sejauh mana perjanjian pranikah saudara SD apakah itu benar, dan apakah itu dilakukan sebelum pernikahan terjadi atau dalam rangka untuk sehingga harus kita klarifikasi semua,” kata Direktur Penyidikan Jampidsus, Kuntadi.

Kejagung saat ini sedang mendalami soal penghasilan Sandra Dewi sebagai artis dan bisnis-bisnisnya.

“Kita ketahui saudara SD juga memiliki penghasilan, di situ juga kita akan menguji. Kita sudah punya data berapa tahun belakangan, berapa penghasilan yang bersangkutan dan kita uji apakah harta-harta yang dimiliki apakah pantas atau wajar dengan aset yang dia miliki,” kata Kuntadi.

Kejagung memastikan, artis Sandra Dewi masih berstatus saksi usai diperiksa selama 10 jam hari ini.

“Yang bersangkutan masih kita periksa sebagai saksi, dengan tujuan membuat terang sejauh mana pemisahan harta antara tersangka HM dan saudara SD,” kata Kuntadi.

 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya