Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Paus Fransiskus di Indonesia

Seluruh jalan yang dilintasi Paus Fransiskus akan ditutup

Intinya Sih...

  • Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup seluruh jalan yang akan dilintasi Paus Fransiskus selama kunjungannya ke Indonesia.
  • Pengawalan terhadap Paus Fransiskus dilakukan secara penuh dengan pengamanan jalur yang akan dilewati.
  •  

Jakarta, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas saat kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Seluruh jalan yang akan dilintasi rombongan Paus Fransiskus akan ditutup sementara.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, mengatakan, pengawalan terhadap Paus Fransiskus dilakukan secara penuh.

"Beliau ini setingkat kepala negara sehingga kegiatannya kita PAM Waskita. Artinya, dalam menuju satu tempat ke tempat lain betul-betul pengamanan secara penuh. Itu untuk jalur kita akan clear-kan," kata Latif Usman di Polda Metro Jaya, Jumat (30/8/2024).

Baca Juga: Polri Kerahkan 4.730 Personel Amankan Kunjungan Paus Fransiskus

1. Seluruh jalan yang dilintasi Paus Fransiskus ditutup

Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Paus Fransiskus di IndonesiaPaus Fransiskus (instagram.com/franciscus)

Latif menjelaskan, seluruh jalan yang dilintasi Paus akan ditutup sementara. Kemudian, setelah rombongan Paus Fransiskus lewat jalan akan kembali dibuka normal.

"Kita akan lihat kegiatan ini jalur-jalur yang akan dilewati akan kita telusuri terlebih dahulu bebas dari hambatan dan bebas dari segala hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Bakal Bertemu Paus di Jakarta, Bahas Perdamaian Gaza dan Dunia

2. Jalan dari Bandara Soetta sampai Kedutaan Besar Vatikan ditutup

Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Paus Fransiskus di IndonesiaMassa demo di gedung DPR RI saat berunjuk rasa soal RUU Pilkada pada Kamis (22/8/2024). (IDN Times/Uni Lubis)

Beberapa jalur yang akan ditutup mulai dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menuju Kedutaan Besar Vatikan. Kemudian, penutupan jalan juga akan dilakukan ketika perjalanan dari Kedubes Vatikan menuju Istana Presiden.

"Penutupan jalan beberapa ruas jalan yang akan dilewati seperti dari Bandara menuju Dubes Vatikan berarti jalur yang akan dilewati akan ditutup sementara dan kita alihkan ke tempat lain," kata Latif.

Baca Juga: Jokowi Janji Dampingi Paus Fransiskus Kunjungan ke Masjid Istiqlal

3. Jalan sekitar GBK akan ditutup pada 5 September

Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Paus Fransiskus di IndonesiaKetum PSSI mengecek kesiapan SUGBK jelang Timnas Indonesia lawan Irak. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Penutupan juga akan dilakukan ketika Paus Fransiskus bertolak dari Dubes Vatikan menuju kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

"Khusus tanggal 5 sekitar GBK ini kita perlakukan khusus karena pengunjung itu ada sekitar 100 ribu pengunjung dari Umat Katolik yang akan ikut misa bersama Paus," ujarnya.

Baca Juga: Warga Jakarta Diminta WFH 5 September, Ada Misa Agung Paus Fransiskus

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya