Hari Bhayangkara, Polri Gelar Pesta Rakyat di Monas Hari Ini

Polri siapkan 500 porsi makan dan minum gratis

Intinya Sih...

  • Acara puncak Hari Bhayangkara ke-78 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024). Rekayasa lalu lintas di sekitar Monas diterapkan untuk mengatur arus lalu lintas. Polri mengerahkan 2.959 personel gabungan dan memberikan pengamanan serta imbauan kepada warga.

Jakarta, IDN Times - Acara puncak Hari Bhayangkara ke-78 ini akan digelar di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024). Polri menggelar Pesta Rakyat yang menyiapkan acara hiburan dan makan gratis. 

Acara bertema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas" itu terbuka untuk masyarakat umum dan gratis.

1. Polisi siapkan skema rekayasa lalu lintas yang bakal diterapkan

Hari Bhayangkara, Polri Gelar Pesta Rakyat di Monas Hari IniMassa aksi demo kawal Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat membubarkan diri, Senin (22/4/2024) sore. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, pihaknya bakal memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Monas.

"Rekayasa lalu lintas pesta rakyat 1 Juli 2024 di sekitaran Monas bersifat situasional," kata Usman dalam keterangan tertulisnya.

Berikut skema rekayasa lalu lintas yang bakal diterapkan:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke TL Harmoni
2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Merdeka Utara atau Istana Negara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira
3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Merdeka Timur
4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jalan Kebon Sirih
5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis
6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan. Arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit
7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Suryo Pranoto yang akan menuju ke Jalan Ir H Juanda dibelokkan ke kiri ke Jalan Gadjah Mada
8. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Tanah Abang II
9. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran I diluruskan ke arah TL Harmoni
10. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran II diluruskan ke arah TL Harmoni.

Baca Juga: 1 Juli Hari Bhayangkara: Sejarah dan Cara Memperingatinya

2. Polri mengerahkan 2.959 personel gabungan untuk pengamanan

Hari Bhayangkara, Polri Gelar Pesta Rakyat di Monas Hari IniPolisi saat cek stadion GBT jelang laga Anniversary Game, Sabtu (29/6/2024). (Dok. Humas Polrestabes Surabaya)

Polri mengerahkan 2.959 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait personel. Mereka ditempatkan di sejumlah titik kawasan sekitar Monas.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel, untuk melakukan pengamanan dan mencegah adanya hal yang tidak diinginkan.

"Agar warga tertib melihat konser dan rangkaian upacara HUT Bhayangkara ke-78, waspadai pelaku kejahatan seperti copet. Amankan barang berharga seperti handphone, perhiasan, dan dompet," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, Susatyo mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak membawa senjata api, melayani masyarakat yang ikut memeriahkan HUT Bhayangkara ke-78 dengan baik dan humanis.

"Semua makan dan minuman gratis disediakan oleh panitia. Yang membawa anak atau balita agar diperhatikan jangan sampai terlepas pengawasannya. Apabila kelelahan dan sakit segera hubungi petugas medis untuk membantu," ucap Susatyo.

Baca Juga: Jelang Hari Bhayangkara ke-78, Polri Gelar Lomba Stand Up Comedy

3. Upacara dihadiri Jokowi-Ma'ruf serta Prabowo-Gibran, dan digelar Pesta Rakyat

Hari Bhayangkara, Polri Gelar Pesta Rakyat di Monas Hari IniPresiden terpilih, Prabowo Subianto ketika berbincang dengan wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka. (Dokumentasi media Menhan)

Upacara tersebut akan dihadiri Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko “Jokowi” Widodo-Ma'ruf Amin, bersama Presiden dan Wapres terpilih Pilpres 2024 yaitu Prabowo Subiyanto-Gibran Rakabuming Raka serta pejabat negara lainnya.

Sedangkan, acara Pesta Rakyat dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB-22.00 WIB di lapangan Monas, dengan menghadirkan artis papan atas Indonesia, ratusan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta 500 makanan dan minuman gerobak gratis. Acara tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya