Chaowalit Thongduang Diserahkan ke Thailand Pakai Pesawat Khusus

Ekstradisi dilakukan hari ini dengan pengawalan 10 anggota

Intinya Sih...

  • Polri melakukan ekstradisi Chaowalit Thongduang ke Thailand dengan pengawalan 10 anggota gabungan Div Hubinter dan Bareskrim Polri.
  • Chaowalit akan diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 15.00 WIB menggunakan pesawat khusus dari Bangkok.
  • Polri akan bekerja sama dengan pihak kepolisian Thailand untuk mengejar buronan Indonesia di Thailand, Fredy Pratama, dalam bentuk nilai barter.

Jakarta, IDN Times - Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri melakukan ekstradisi atau menyerahkan buronan Chaowalit Thongduang (37) ke Thailand pada hari ini (4/6/2024).

Kepala Divisi Hubinter Polri Irjen Krisna Murti mengatakan, Chaowalit akan diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 15.00 WIB.

“Dijemput pesawat khusus dari Bangkok,” kata Krisna saat dihubungi, Selasa (4/6/2024).

1. Chaowalit Thongduang dikawal oleh Ditipidnarkoba

Chaowalit Thongduang Diserahkan ke Thailand Pakai Pesawat KhususDivisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri menangkap satu buronan paling dicari negara Thailand, Chaowalit Thongduang (37). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Chaowalit akan dikawal 10 anggota gabungan antara Div Hubinter dan Bareskrim Polri. Adapun beberapa anggota yang ikut merupakan dari Direktorat Tindak Pidana Narkoba.

“Wadir, Kasubdit 3 dan tim Fredy Pratama,” ujar Krisna.

Baca Juga: Polri Minta Thailand Barter Chaowalit Thongduang dengan Fredy Pratama

2. Polri akan langsung melanjutkan pencarian Fredy Pratama

Chaowalit Thongduang Diserahkan ke Thailand Pakai Pesawat KhususIlustrasi lambang Polri (IDN Times/Aditya Pratama)

Sesampainya di sana, Polri akan melanjutkan dengan bekerja sama dengan pihak kepolisian Thailand untuk mengejar Fredy Pratama. Sebelumnya, Fredy dikabarkan berada di tengah hutan Thailand.

“Iya betul (langsung melakukan pencarian Fredy Pratama,” kata Krisna.

Baca Juga: Buronan Paling Dicari di Thailand Ditangkap di Bali, Pura-pura Bisu!

3. Polri minta Thailand barter Chaowalit Thongduang dengan Fredy Pratama

Chaowalit Thongduang Diserahkan ke Thailand Pakai Pesawat KhususTersangka Chaowalit Thongduang (Dok. Bareskrim Polri)

Dirnarkoba Bareskrim Brigjen Pol Mukhti Juharsa mengatakan, penangkapan Chaowalit menjadi nilai barter dengan buronan Indonesia di Thailand, Fredy Pratama yang hingga saat ini berada di sana dan belum tertangkap.

“Kita kan joint ini. Ada ubi ada talas, ada budi ada balas dong. Kita minta juga demikian dong. Dia kan gembong besar, Fredi juga gembong besar, ya saling tukar saja barter. Itu yang kita inginkan,” kata Mukhti dalam kesempatan yang sama.

Mukhti menjelaskan, permintaan barter itu sudah disampaikan kepada pihak Thailand. Ia pun menyebut, negosiasi itu sudah disepakati agar Fredy Pratama yang berada di hutan Thailand segera ditangkap dan diserahkan ke Indonesia.

“Insya Allah sudah (disepakati),” ujar Mukhti.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya