CEK FAKTA: Foto Afif Pegang Pedang Diambil Jauh Sebelum Peristiwa

Keluarga: Kapolda menggunakan foto untuk memfitnah anak saya

Intinya Sih...

  • Kapolda Sumbar menyebar foto Afif Maulana yang memegang pedang dengan wajah diblur.
  • Keluarga dan LBH Padang mengecam Kapolda Sumbar yang terkesan menyerang personal Afif Maulana.

Jakarta, IDN Times - Kapolda Sumatra Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono menyebar foto Afif Maulana (13) yang sedang memegang pedang dengan wajah diblur. Dalam foto tersebut, Afif mengenakan jaket berwarna dengan garis kuning, biru, dan putih serta celana pendek hitam.

Namun, terdapat perbedaan pakaian yang dikenakan Afif di dalam foto itu dengan pakaian yang dikenakan Afif saat ditemukan tewas di kolong Jembatan Kuranji, Padang, Sumatra Barat. Dalam foto yang diterima IDN Times dari keluarga, saat ditemukan tewas, Afif terlihat mengenakan kaus hitam dengan celana cokelat.

Lalu, kapan foto itu diambil dan untuk apa?

Baca Juga: LBH Belum Lihat Klaim Polda Sumbar soal Bukti Afif Pegang Pedang

1. Keluarga mengecam Kapolda Sumbar, gunakan foto Afif untuk memfitnah

CEK FAKTA: Foto Afif Pegang Pedang Diambil Jauh Sebelum Peristiwalbhpadang.org

Berdasarkan penelusuran IDN Times, foto yang diduga Afif tersebut diketahui diambil jauh sebelum peristiwa penganiayaan. Foto itu dibuat hanya untuk gaya-gayaan dengan teman sebayanya.

Pedang yang dipakai di dalam foto itu pun disebutkan bukan milik Afif. Foto itu sempat dikirim ke temannya dan diminta diedit untuk nantinya diunggah ke status WhatsApp.

Ayah Afif Maulana, Afrinaldi kepada IDN Times mengatakan, foto itu kini sengaja digunakan Kapolda Sumbar untuk menggiring opini publik.

“Anak saya sudah meninggal, dia sudah tidak bisa membela dirinya sendiri. Kapolda hanya bisa mem-framing dan memfitnah anak saya,” kata dia.

Ia menyayangkan tindak-tanduk Kapolda Sumbar yang malah sibuk membuktikan keterlibatan Afif dalam tawuran.

“Seharusnya Kapolda fokus mengungkap kasus kematian anak saya bukan malah fokus untuk menggali keburukan-keburukan anak saya bahkan sampai memfitnahnya,” ujar Afrinaldi.

Baca Juga: Polisi Klaim Pegang Bukti Afif Bawa Pedang, LBH Padang: Tak Relevan

2. LBH tantang Kapolda umumkan nama dan foto 17 anggota yang diduga melanggar etik

CEK FAKTA: Foto Afif Pegang Pedang Diambil Jauh Sebelum PeristiwaKapolda Sumatra Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono. Doc IDN Times

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang juga mengecam Kapolda Sumbar yang terkesan menyerang personal Afif Maulana. Alih-alih membuktikan penyebab kematian Afif, Suharyono justru malah fokus membuktikan soal tawuran.

“Bagi kami, kasus ini adalah kasus penyiksaan terhadap Afif dan kawan-kawannya. Untuk apa pula Kapolda sibuk membuktikan Afif tawuran atau tidak? Kan Kapolda sendiri juga yang bilang 9 Juni 2024 itu tidak ada tawuran, tapi dugaan akan tawuran,” ujar Direktur LBH Padang, Indira Suryani kepada IDN Times.

“Sekarang saya akan tantang Kapolda Sumbar, umumkan nama 17 anggota diduga melanggar etik beserta fotonya! Jangan hanya berani ke rakyat kecil seperti kami!” katanya.

Indira menyebut, saat ini pihaknya sedang mendalami kapan foto yang diduga Afif memegang pedang itu dibuat beserta keasliannya. Sebab, ia harus mendapatkan gawai Afif yang kini masih berada di polisi.

“Kami mendalami foto itu, kan HP Afif masih sama polisi. Kami fokus ke kasus penyiksaannya, ya, bukan Afif tawuran atau gak,” imbuhnya.

Baca Juga: Kronologi Afif Maulana Tewas Versi Kompolnas, Ajak Teman Lompat Sungai

3. Kapolda Sumbar meyakini Afif Maulana pelaku tawuran

CEK FAKTA: Foto Afif Pegang Pedang Diambil Jauh Sebelum PeristiwaKronologi Afif Maulana tewas diduga disiksa polisi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Polda Sumbar mengklaim telah berhasil mendapatkan barang bukti kuat yang menyatakan bahwa Afif Maulana merupakan pelaku tawuran. Barang bukti tersebut berupa percakapan dan video.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, mengatakan, bukti percakapan dan video itu didapatkan dari gawai Afif.

“Afif memang pelaku tawuran, HP-nya sudah saya cloning, sudah saya buka, kemarin seminggu kita kesulitan membuka HP-nya Afif, karena kami gak tahu password, begitu dicoba, ternyata tanggal lahir Afif itulah,” kata Suharyono saat dihubungi, Kamis (4/7/2024).

Setelah gawai Afif berhasil dibuka, polisi mendapatkan percakapan antara Afif Maulana dengan Adit. Dalam percakapan itu, Afif mengajak Adit untuk tawuran.

“Memang yang mengajak tawuran itu malah Afif Maulana itu,” kata Suharyono.

Selanjutnya, polisi mendapati video Afif yang sedang membawa pedang panjang. Video itu diduga direkam sendiri oleh Afif.

“Menggambarkan bahwa Afif Maulana membawa pedang,” imbuhnya.

Setelah itu, Kapolda melalui pesan WhatsApp membagikan foto seseorang yang dinarasikan sebagai Afif Maulana sedang memegang pedang.

Baca Juga: Kapolda Sumbar Pegang Inisial G Diduga Viralkan Kasus Afif Maulana

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya