Alice Guo ke Krishna Murti: Thank You Abangku

Alice Guo ditangkap dan sempat ditahan Polda Metro

Intinya Sih...

  • Alice Guo ditangkap dan dideportasi setelah ditahan Polda Metro
  • Kepolisian Republik Indonesia menyerahkan Alice ke otoritas Filipina atas perintah Kapolri
  • Alice dituding terlibat pencucian uang sekitar Rp 27,8 miliar atas bisnis ilegalnya

Jakarta, IDN Times - Eks Wali Kota Bamban, Alice Guo dideportasi setelah ditangkap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Tangerang, Banten. Alice pun dijemput oleh otoritas Filipina pada Kamis (5/9/2024).

Alice yang mengenakan baju motif garis-garis hitam putih dan masker hitam tak banyak bicara saat keluar dari Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Buronan Filipina itu hanya mengucapkan terima kasih kepada Kadiv Hubinter Polri, Irjen Krishna Murti, ketika hendak menuju ke mobil yang sudah terparkir di depan gedung.

"Thank you Abangku," kata Alice sambil menyalami Krishna.

1. Penyerahan Alice Guo atas perintah Kapolri

Alice Guo ke Krishna Murti: Thank You AbangkuEks Wali Kota Bamban di Filipina, Alice Guo (dok. IDN Times/Istimewa)

Krishna Murti mengatakan, penyerahan Alice ke otoritas Filipina merupakan perintah dari Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Sekarang yang bersangkutan kami serahkan kepada otoritas Filipina dan dijemput langsung oleh Menteri Dalam Negerinya, kepala polisinya, dan ini semua atas perintah Bapak Kapolri, Bapak Kapolri meminta kami untuk men-support penuh pemerintah Filipina," kata Krishna.

"Yang bersangkutan akan dipulangkan dengan mekanisme deportasi melalui peningkatan kerja sama antar kepolisian. Kita namakan police to police corporation," lanjutnya.

Baca Juga: Mantan Wali Kota Filipina Alice Guo Dideportasi

2. Alice diterbangkan ke Manila

Alice Guo ke Krishna Murti: Thank You AbangkuEks Wali Kota Bamban di Filipina, Alice Guo (dok. IDN Times/Istimewa)

Krishna menyebut Alice bakal diterbangkan ke Manila, Filipina, malam ini. Menurut dia, penyerahan Alice merupakan wujud hubungan baik yang terjalin antara pemerintah Indonesia dengan Filipina.

"Hubungan yang baik erat dan tahun ini juga sudah 70 kerja sama Indonesia dan Filipina sudah berjalan," ujar dia.

3. Alice diduga terlibat judol dan TPPU

Alice Guo ke Krishna Murti: Thank You AbangkuKepolisian Republik Indonesia menangkap Mantan Wali Kota Bamban di Filipina, Alice Guo alias Guo Hua Ping di Tangerang pada Selasa (3/9/3024) malam. (dok. IDN Times/Istimewa)

Dalam kasus ini, Alice dituding terlibat pencucian uang atas bisnis ilegalnya, termasuk judi online (judol) dan scam. Dia diduga melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) sekitar Rp 27,8 miliar.

Alice memilih kabur saat diminta mengungkapkan keterlibatannya dalam kasus kriminal tersebut dan tuduhan juga tercatat sebagai Warga Negara China. Alice mangkir dari panggilan Senat Filipina yang memintanya untuk menjawab semua tuduhan.

Alice kabur pada Juli 2024 ke Malaysia, Singapura, lalu Indonesia, meninggalkan kursi Wali Kota Bamban yang didudukinya sejak 2022 hingga akhirnya ditangkap di Tangerang.

Baca Juga: Polri Minta Barter Buronan Filipina Alice Guo dengan Gregor Has

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya