Ahli Psikologi Klinik: Bharada E Punya Kepatuhan Tinggi pada Sambo

Ahli Psikolog Klinik Dewasa Liza Marielly Djaprie jadi saksi

Jakarta, IDN Times - Ahli Psikolog Klinik Dewasa, Liza Marielly Djaprie, mengatakan Richard Eliezer alias Bharada E memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap lingkungannya, dalam hal ini eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo.

Hal ini disampaikan Liza saat menjadi saksi meringankan yang dihadirkan tim penasihat hukum Bharada E di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (26/12/2022). Liza merupakan ahli psikologi yang mendampingi Bharada E sejak 15 Agustus 2022.

Awalnya, penasihat hukum Bharada E, Ronny Talapessy, menanyakan proses psikologis yang memengaruhi tingkat kepatuhan Bharada E.

“Bahwa Richard Eliezer memiliki kecenderungan untuk patuh pada lingkungan sekitar. Bisa dijelaskan proses psikologis yang terjadi hingga seseorang menjadi seperti ini?”

“Kalau kita berbicara mengenai kepatuhan, kepatuhan itu juga salah satu construct dalam ilmu psikologi. Ini adalah satu bentuk pengaruh sosial yang menyebabkan orang lain mau melakukan suatu hal, atau beragam tindakan dikarenakan kepatuhannya pada orang lain yang dirasa lebih punya kuasa,” ujar Liza.

“Jadi kita harus membedakan kepatuhan dengan konformitas. Kalau konformitas itu melibatkan permintaan, kalau kepatuhan itu biasanya melibatkan perintah. Berikutnya konformitas biasanya lebih kepda bagaimana kita menyesuaikan diri dengan lingkungan, tapi kepatuhan lebih pada menggunakan unsur kekuatan karena kita takut, karena kita cemas, karena kita khawatir, makanya kita patuh. Jadi itu bentuk kepatuhan dlm bentuk psikologi,” imbuhnya.

“Bagaimana dengan tingkat kepatuhan Richard?”

“Kalau dari Richard Eliezer dari hasil tesnya saja dia punya tingkat kepatuhan yang sangat tinggi. Jadi memang bisa diukur obediency seseorang, tingkat level kepatuhan dia pada lingkungan sekitarnya seperti apa, dan dari hasil tes tersebut terlihat richard bahwa punya tingkat kepatuhan tinggi, sehingga dia punya kerentanan khusus, kecenderungan tertentu untuk lebih patuh pada lingkungan. Itu dari sisi kepatuhan saja,” pungkas Liza.

 

Baca Juga: Dilema Moral Bharada E: Menolak atau Siap Laksanakan Perintah Sambo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya