Pertama Kali, Lamongan Jadi Juara Umum MTQ Jatim

Ingin mengembalikan Lamongan sebagai kota para qori

Lamongan, IDN Times- Kabupaten Lamongan keluar sebagai juara umum di ajang Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) Ke-XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dalam kejuaraan MTQ di Kabupaten Pamekasan ini, Lamongan berhasil mengumpulkan 16 medali. Dengan rincian 5 medali emas, 5 perak dan 6 perunggu.  

Sementara, untuk dua cabang musabaqoh Lamongan berhasil meraih juara harapan 1, empat cabang musabaqoh berhasil meraih juara harapan 2 dan dua cabang musabaqoh masuk juara harapan 3. 

1. Juara umum MTQ sudah dinantikan Lamongan sejak lama

Pertama Kali, Lamongan Jadi Juara Umum MTQ JatimBupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menerima piala juara umum MTQ di Jatim. Dok Humas Pemkab

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengatakan, juara umum yang berhasil diukir para kafilah-kafilah di Lamongan tersebut merupakan penantian panjang dan juga sesuai target Lamongan. Untuk itu pihaknya sangat berterimakasih kepada para peserta lomba yang sudah mempersembahkan prestasi yang sangat membanggakan bagi Lamongan.

"Ini sebuah perjalanan yang dinanti-nanti sejak dulu. Ini merupakan akumulasi dari perjuangan panjang kita,” kata Yuhronur Efendi, Kamis (11/11/2021).

2. Ingin mengembalikan Lamongan sebagai kota para qori dan qori’ah

Pertama Kali, Lamongan Jadi Juara Umum MTQ JatimBupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menerima piala juara umum MTQ di Jatim. Dok Humas Pemkab

Sebelum meraih juara, lanjut Yuhronur, berbagai upaya telah dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Lamongan, baik upaya pembinaan serta dukungan fasilitasi sehingga para kafilah siap mengikuti ajang MTQ ke-XXIX dengan target juara umum. 

“Kita kembalikan lagi marwah Kabupaten Lamongan sebagai kota para qori dan qori’ah. Perjuangan dari juara kesebelasan, naik ke enam, naik lagi ketiga, dan sekarang, Alhamdulillah bisa meraih juara umum Jatim," imbuhnya.

3. Ajang lomba MTQ sudah dipersiapkan sejak dua tahun yang lalu

Pertama Kali, Lamongan Jadi Juara Umum MTQ JatimBupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menerima piala juara umum MTQ di Jatim. Dok Humas Pemkab

Lamongan sendiri kata Yuhronur telah memberangkatkan 55 orang kafilah di ajang MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi Jatim. Selain 55 kafilah, Lamongan juga mengirimkan 9 pembina, 8 pendamping, dan didukung driver untuk memudahkan transportasi selama berlomba.

"Ini progres yang baik sekali, bahkan sudah dipersiapkan sepanjang 2 tahun. Begitupula juga nanti MTQ ke-30 akan mempersiapkan lebih panjang lagi agar bisa mempertahankan juara," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Penutupan MTQ, Polres Tuban Sebar Puluhan Penembakan Jitu   

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya