Pria 50 Tahun di Bekasi Diduga Cabuli Anak Pedagang Kue Keliling

Pencabulan sudah dilakukan empat kali

Intinya Sih...

  • Pria 50 tahun diduga mencabuli anak perempuan pedagang kue keliling berusia 10 tahun di Bekasi Selatan.
  • Terjadi setelah pelaku janji menikahi korban dan memberi uang kepada ibu korban sebagai dalih untuk memeriksa korban.
  • Pencabulan terjadi empat kali dalam bulan Juni 2024, terbongkar setelah korban cerita kepada kakaknya dan dilaporkan ke polisi.

Bekasi, IDN Times - Pria berusia 50 tahun diduga mencabuli anak perempuan dari seorang pedagang kue keliling yang masih berusia 10 tahun di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Ketua Dewan Pengurus Bidang Sosialisasi, Edukasi, dan Promosi Hak Anak dari Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA), Lia Latifah, menjelaskan, pencabulan itu terjadi berawal saat ibu korban bertemu dan bercerita kepada terduga pelaku tentang permasalahan ekonomi. 

"Waktu si ibu jualan kue keliling, dia kenal sama seorang laki-laki usia 50 tahun, cerita tentang kondisi ekonomi. Orang ini (terduga pelaku) lalu berjanji akan bertanggungjawab dengan catatan si ibu mau menikahkan anaknya dengan korban," jelas Lia saat dihubungi, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Cegah Pungli, Dishub Kota Bekasi Evaluasi Anggota

1. Sudah dicabuli empat kali

Pria 50 Tahun di Bekasi Diduga Cabuli Anak Pedagang Kue KelilingIlustrasi pelecehan seksual (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain janji menikahi korban, pelaku juga pernah memberikan uang sebesar Rp70 ribu kepada ibu korban. Pemberian uang itu dijadikan dalih agar orangtua korban memberikan izin kepada pelaku untuk memeriksa korban layaknya seorang dokter kepada pasien. 

"Ibunya dikasih uang sama pelaku Rp70 ribu dengan syarat anaknya harus diperiksa sama dia, kemudian terjadilah persetubuhan," kata Lia.

Bahkan, lanjut Lia, peristiwa pencabulan itu sudah terjadi sebanyak empat kali sepanjang bulan Juni 2024.

"Rupanya kejadian itu gak sekali, tapi empat kali. Jadi, setiap si ibu datang ke rumah si pelaku untuk jualan kue, si pelaku meminta anaknya (korban) harus dibawa," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap 5 Remaja Hendak Tawuran di Bekasi

2. Terbongkar setelah korban bercerita

Pria 50 Tahun di Bekasi Diduga Cabuli Anak Pedagang Kue KelilingIlustrasi pencabulan (IDN Times/Sukma Shanti)

Aksi pencabulan itu pun terbongkar setelah korban memberanikan diri bercerita kepada kakak kandungnya. 

"Karena si anak ini sudah ketakutan, akhirnya cerita sama kakak kandungnya, kebetulan kakak kandungnya sekolah di Solo dan lagi balik ke Bekasi. Kakak kandungnya itulah yang melapor ke Instagram kami," kata Lia.

Peristiwa itu pun sudah dilaporkan Komnas PA ke Unit PPA Polres Metro Bekasi Kota. 

"Komnas PA (sudah) mengantarkan keluarga korban, yaitu ibunya ke Polres Metro Bekasi Kota bahwa ada dugaan anaknya mengalami kekerasan seksual dari pelanggan kue ibunya. Tadi pagi dilakukan visum oleh polisi dan kami sekarang sedang menunggu hasil visum tersebut," ujar dia.

Baca Juga: Komnas Perempuan: Pemberi Kerja Tak Perlu Khawatir Soal RUU PPRT

3. Polisi masih melakukan penyelidikan

Pria 50 Tahun di Bekasi Diduga Cabuli Anak Pedagang Kue KelilingIlustrasi pencabulan (IDN Times/Shukma Sakti)

Terpisah, Kanit PPA Polres Metro Bekasi Kota, AKP Tamat membenarkan telah menerima laporan tersebut. Dia mengatakan, korban telah dilakukan visum. Pihaknya pun saat ini masih melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan pencabulan tersebut. 

"Saya sudah diskusi ke penyidik. Nah, besok diagendakan untuk pelapornya kami hubungi, untuk pemeriksaan awal," ucap Tamat. 

Baca Juga: Polres Bekasi Selidiki Kasus Anak Polisi yang Hamili Kekasihnya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya