Operasi Patuh Jaya Bekasi, Banyak Emak-Emak Antar Sekolah Tanpa Helm

Berikut 14 target Operasi Patuh Jaya 2024

Intinya Sih...

  • Operasi Patuh Jaya di Bekasi dilaksanakan hingga 28 Juli 2024. Kasubid Binops Satlantas Polres Metro Bekasi Kota, AKP Devi Sumardiono, menjelaskan operasi ini hanya memberikan teguran kepada pengendara yang melanggar lalu lintas. Pengendara akan diberikan blanko teguran jika melanggar salah satu dari 14 target Operasi Patuh Jaya.

Bekasi, IDN Times - Polres Metro Bekasi Kota menggelar Operasi Patuh Jaya di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (15/7/2024). 

Kasubid Binops Satlantas Polres Metro Bekasi Kota, AKP Devi Sumardiono, mengatakan Operasi Patuh Jaya akan digelar hingga Minggu, 28 Juli 2024.

"Untuk di Kota Bekasi ada tiga sasaran titik Operasi Patuh Jaya, yaitu Jalan Ahmad Yani, Jalan Ir Juanda, dan Jalan Sersan Aswan," kata Devi di Bekasi.

1. Tidak ada penilangan

Operasi Patuh Jaya Bekasi, Banyak Emak-Emak Antar Sekolah Tanpa HelmOperasi Patuh Jaya di Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Devi menjelaskan, Operasi Patuh Jaya kali ini tidak ada penindakan. Kepolisian hanya memberikan teguran kepada pengendara yang melanggar lalu lintas.

Bahkan, pengendara akan mendapatkan edukasi keselamatan berkendara dari famplet, videotron dan stiker yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bekasi. 

Devi menyebut, setiap pengendara yang melakukan pelanggaran berulang akan diberikan blanko teguran, agar tidak lagi mengulangi kesalahannya. 

"Kita tidak melakukan penilangan tapi hanya memberikan blanko teguran aja, untuk menshock terapi bagi pengendara yang melanggar," jelasnya. 

Baca Juga: Kapolda Metro Ancam Demosi Polisi Pungli di Operasi Patuh Jaya 2024

2. Polisi temukan emak-emak tak pakai helm

Operasi Patuh Jaya Bekasi, Banyak Emak-Emak Antar Sekolah Tanpa HelmOperasi Patuh Jaya di Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Devi menceritakan, operasi hari ini banyak ditemukan emak-emak yang tidak menggunakan helm saat mengantar anaknya sekolah. 

"Sementara ini kan berkaitan dengan anak masuk sekolah di hari pertama. Pantauan di lapangan itu masih banyak yang tidak menggunakan helm. Karena mungkin dia pikir sepintas gitu aja jaraknya dekat," katanya. 

Devi menambahkan, pihaknya tidak menemukan pengendara yang melakukan pelanggaran dengan melawan arus.

Baca Juga: Siap-siap! Operasi Patuh Jaya 2024 Digelar Mulai Besok

3. Sebanyak 14 target Operasi Patuh Jaya

Operasi Patuh Jaya Bekasi, Banyak Emak-Emak Antar Sekolah Tanpa HelmOperasi Patuh Jaya di Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Adapun pengendara akan diberikan teguran jika melanggar 14 terget Operasi Patuh Jaya, berikut daftar pelanggarannya:

  1. Melawan arus
  2. Berkendara di bawah pengaruh alkohol
  3. Menggunakan handphone saat mengemudi
  4. Tidak menggunakan helm SNI
  5. Tidak menggunakan sabuk keselamatan
  6. Melebihi batas kecepatan
  7. Berkendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM
  8. Berboncengan lebih dari satu
  9. Kendaraan roda empat atau lebih tidak memenuhi layak jalan
  10. Kendaraan tidak dilengkapi STNK
  11. Melanggar marka jalan
  12. Memasang rotator dan sirine bukan peruntukan
  13. Menggunakan nomor polisi palsu
  14. Penertiban parkir liar.

 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya