Kondisi Kali Bekasi Saat 7 Mayat Remaja Laki-laki Ditemukan

Kedalaman Kali Bekasi mencapai 7 meter

Intinya Sih...

  • Tujuh mayat ditemukan di Kali Bekasi, dekat Perumahan Pondok Gede Permai, Kota Bekasi.
  • Mayat pertama kali ditemukan oleh warga yang sedang mencari kucing di bantaran kali pada Minggu sekitar pukul 05.30 WIB.
  • Koordinator Unit Siaga SAR Bekasi menyatakan kesulitan dalam mengevakuasi jasad karena aliran Kali Bekasi dangkal namun memiliki jurang tinggi.

Bekasi, IDN Times - Sebanyak tujuh mayat ditemukan di Kali Bekasi, dekat Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Minggu (22/9/2024) pagi.

Penemuan mayat tersebut berawal dari warga yang melihat tubuh manusia terapung di sungai ketika sedang mencari kucing di bantaran kali tersebut, pada Minggu sekitar pukul 05.30 WIB.

Tampak aliran Kali Bekasi yang menjadi tempat ditemukannya 6 jasad remaja laki-laki tersebut dangkal. Sementara kedalaman Kali Bekasi, dari informasi yang didapat, mencapai 6 hingga 7 meter. 

Baca Juga: Basarnas Hentikan Pencarian di Kali Bekasi, Jumlah Korban 7 Orang

1. Satu dari tujuh korban ditemukan dalam radius 50 meter

Kondisi Kali Bekasi Saat 7 Mayat Remaja Laki-laki DitemukanTujuh Jasad ditemukan di Kali Bekasi. (Dokumen SAR Bekasi)

Koordinator Unit Siaga SAR Bekasi, Rizky Dwianto mengatakan, 6 jasad pertama ditemukan di tengah Kali Bekasi yang dangkal dan dengan posisi tertelungkup. 

"Itu sudah bersandar memang di lokasi kali yang cetek nih," katanya. 

Satu jasad lagi ditemukan dalam radius 50 meter dari lokasi penemuan 6 jasad sebelumnya. 

2. Ada jurang tinggi dari bantaran kali menuju aliran Kali Bekasi

Kondisi Kali Bekasi Saat 7 Mayat Remaja Laki-laki DitemukanTim Sar melakukan evakuasi 7 jasad di Kali Bekasi. (Dokumen Sar Bekasi)

Dari video yang diterima IDN Times, Tim SAR gabungan terlihat kesulitan saat mengevakuasi jasad tersebut. Sebab, terdapat jurang yang cukup tinggi dari bantaran kali menuju aliran Kali Bekasi. 

Tim SAR harus bergotong royong mengangkat satu per satu jasad yang sudah dimasukkan ke kantong jenazah. Tim SAR juga terlihat menggunakan tali untuk mengangkut jasad tersebut. 

Pasca-penemuan jasad tersebut pada pukul 17.00 WIB, beberapa warga masih berdatangan ke lokasi penemuan 7 jasad.

3. Daftar kasus korban tenggelam di Kali Bekasi

Kondisi Kali Bekasi Saat 7 Mayat Remaja Laki-laki Ditemukanilustrasi tenggelam (IDN Times/Agung Sedana)

Dari penelusuran IDN Times, ada sejumlah kasus penemuan mayat di Kali Bekasi dalam berapa tahun terakhir. 

Pada Juli 2019 lalu misalnya, seorang anak berusia 14 tahun berinisial JI terbawa arus Kali Bekasi di wilayah Babelan. Ia kemudian ditemukan tewas setelah tenggelam di Kali Bekasi. 

Kasus korban tewas tenggelam lainnya terjadi pada April 2020. Saat itu mayat seorang pemuda berinisial A berusia 28 tahun ditemukan setelah tenggelam selama 24 jam di Kali Bekasi. Pemuda tersebut dikabarkan tenggelam ketika sedang membersihkan sampah di pinggir Kali Bekasi.

Beberapa hari setelahnya, seorang pemuda lain berinsial NS, juga hanyut sebelum tenggelam di aliran Kali Bekasi, persisnya di wilayah Jaka Setia. NS tenggelam saat sedang mencari biawak dan ingin menyeberang ke arah Perumahan Kemang.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya