Cegah Pungli, Dishub Kota Bekasi Evaluasi Anggota

Anggota Dishub dilarang memeriksa surat kendaraan

Intinya Sih...

  • Dishub Kota Bekasi akan evaluasi anggota yang terlibat pungli terhadap sopir angkutan.
  • Akan diluncurkan sistem pencegahan pungli dan evaluasi anggota yang bertugas di jalan raya.
  • Anggota Dishub dilarang memeriksa surat kendaraan kecuali dalam operasi gabungan.

Bekasi, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi bakal mengevaluasi setiap anggotanya yang bekerja di jalan raya. Hal itu dilakukan setelah aksi para sopir angkutan yang menjadi korban pungli oleh oknum anggota Dishub. 

Sekretaris Dishub Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan, mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan meluncurkan sistem pencegahan pungli. 

"Saya sedang membuat produk sistem pelaporan pencegahan atau produk gratifikasi pungli. Mungkin dalam waktu dekat ini akan di-launching," kata dia, Selasa (18/6/2024). 

Baca Juga: Polisi Tangkap 5 Remaja Hendak Tawuran di Bekasi

1. Evaluasi anggota di lapangan

Cegah Pungli, Dishub Kota Bekasi Evaluasi AnggotaIlustrasi Pelatihan Safety Riding Dishub Medan (Dok. IDN Times)

Johan mengatakan, pihaknya juga akan mengevaluasi anggota yang bertugas di jalan raya. Dia bahkan mengakui bahwa anggotanya melakukan pengejaran terhadap kendaraan pengangkut barang di jalan raya. 

"Butir-butir (anggota-anggota) yang biasa mengejar para sopir biasanya itu Bekasi timur, Narogong, Cipendawa, Ahmad Yani, Bantargebang. Nah ini kelihatannya yang mobile, kami akan mengevaluasi butir-butir yang mobile," ujar dia.

Baca Juga: Dishub Kota Bekasi Akui Ada Anggotanya yang Terbukti Lakukan Pungli

2. Anggota Dishub dilarang memeriksa surat kendaraan

Cegah Pungli, Dishub Kota Bekasi Evaluasi AnggotaDishub bersama Satpol PP dan TNI/Polri adakan Penertiban Parkir Liar di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2024). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dia menjelaskan, setiap anggota yang berada di lapangan tidak diperbolehkan melakukan pemeriksaan surat kendaraan. 

"Prinsipnya Dishub melakukan penindakan itu bukan yang mengejar truk atau pun memeriksa suratnya, itu bukan tugas kita. Kecuali memang ada operasi gabungan," ujar dia.

Baca Juga: Kantor Dishub Bekasi Didemo Sopir Angkutan Barang Gegara Pungli

3. Akui adanya pungli

Cegah Pungli, Dishub Kota Bekasi Evaluasi AnggotaKepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Zeno Bachtiar. (IDN Times/Imam Faishal)

Sebelumnya, Dishub Kota Bekasi, Zeno Bachtiar, mengakui bahwa ada pungli yang dilakukan oleh anggotanya kepada sopir mobil angkutan barang.

"Kami mengetahui (ada pungli), nah, 6 sampai 7 orang (anggota Dishub) sudah kita tindak," kata Zeno kepada jurnalis, Jumat (14/6/2024). 

Zeno mengatakan, 7 oknum yang melakukan pungli itu terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Kerja Kontrak (TKK). Dia mengatakan, dua dari tujuh oknum tersebut sudah dilepastugaskan. 

"Dua di antaranya bahkan sampai lepas (tugas)," katanya. 

Baca Juga: Anak Polisi di Bekasi Dilaporkan Gara-gara Hamili Kekasihnya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya