Cari Kerang di Danau, Dua Bocah di Bekasi Tewas Tenggelam

Salah satu korban ditemukan di kedalaman 4 meter

Bekasi, IDN Times - Dua bocah bernama Raihan (10) dan Iko (10) tewas akbat tenggelam di Danau Perumahan Cluster Majapahit Panjibuwono, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi pada Kamis (18/5/2023).

Kapolsek Babelan, Kompol Sutrisno menceritakan peristiwa tersebut terjadi saat korban sedang mencari kerang bersama lima orang teman lainnya.

"Tadi sekitar pukul 12.30 WIB ada anak-anak sekitar 7 orang mencari kerang, namun dua orang ini tidak bisa berenang, dia tenggelam," katanya kepada wartawan, Kamis (18/5/2023).

1. Berawal dari mencari kerang di pinggir danau

Cari Kerang di Danau, Dua Bocah di Bekasi Tewas TenggelamIlustrasi korban tenggelam. (Shutterstock)

Sutrisno mengatakan, ke tujuh bocah tersebut awalnya hanya mencari ikan di pinggir danau. Namun, kedalam danau yang tidak sama membuat bocah tersebut terperosok ke bagian yang dalam.

"Memang ini mencari kerang awalnya mungkin dipinggir-pinggir, karena itu kedalamannya agak dalam kemudian tenggelam karena tidak bisa berenang. Yang lima anak ini bisa berenang berhasil keluar, namun yang dua gak bisa keluar," katanya.

Baca Juga: Pria Pencari Cacing di Bekasi Menghilang, Diduga Tenggelam

2. Proses pencarian

Cari Kerang di Danau, Dua Bocah di Bekasi Tewas TenggelamCari Kerang di Danau, Dua Bocah di Bekasi Tewas Tenggelam. (Dokumen Unit Siaga SAR Bekasi)

Sementara, Koordinator Unit Siaga SAR Bekasi, Rizky Dwianto mengatakan pihaknya menerjunkan personel gabungan yang berjumlah 40 orang untuk mencari korban.

Upaya pencarian juga dilakukan melalui 2 metode dimana tim pertama melakukan upaya pencarian dengan penyisiran di atas permukaan danau menggunakan rafting boat. 

"Untuk tim kedua menggunakan Aqua Eye dan Underwater Searching Device untuk mendeteksi objek di bawah permukaan air kemudian dilakukan proses penyelaman di sekitar lokasi kejadian hingga radius 10 meter," katanya saat dikonfirmasi, Kamis.

3. Satu korban ditemukan di kedalaman 4 meter

Cari Kerang di Danau, Dua Bocah di Bekasi Tewas TenggelamCari Kerang di Danau, Dua Bocah di Bekasi Tewas Tenggelam. (Dokumen Unit Siaga SAR Bekasi)

Rizky menjelaskan, korban Raihan terlebih dahulu ditemukan setelah jasadnya mengambang di permukaan danau.

"Jasadnya mengambang di permukaan danau tersebut dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 13.30 WIB dan langsung dievakuasi menuju rumah duka," katanya.

Sementara, jasad korban bernama Iko berhasil ditemukan pada radius 5 meter dari lokasi awal kejadian di kedalaman 4 meter.

"Iko ditemukan pada pukul 16.45 WIB sore tadi pada radius 5 meter dari lokasi kejadian setelah dilakukan proses penyelaman pada kedalaman 4 meter dari permukaan danau," jelasnya.

Setelah berhasil ditemukan, kedua korban tersebut langsung dibawa ke rumah duka untuk proses pemakaman.

Baca Juga: Dua Pengunjung Dermaga Beach Ancol Tenggelam, Satu Orang Tewas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya