Bikin Resah, Anggota Ormas di Bekasi Lakukan Pungli ke Toko Fotocopy

Dia mengancam saat tidak dikasih uang

Bekasi, IDN Times - Sebuah toko fotocopy yang berlokasi di Jalan Lele Raya, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, dimintai pungutan liar (pungli) oleh anggota organisasi masyarakat (ormas). Aksi pungli tersebut terekam CCTV dan viral di media sosial. 

Penjaga fotocopy, Arif Rahman (18 tahun) menceritakan, peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (23/9/2023). Arif juga mengatakan, anggota ormas tersebut bisa mendatangi tokonya dua kali dalam seminggu. 

"Seminggu dua kali. Dia gak matokin nominal sih, biasanya kita ngasih Rp2 ribu, tapi sering, takutnya kebiasaan," jelasnya kepada wartawan, Selasa (26/9/2023). 

Baca Juga: Viral, Sopir Truk Jadi Korban Pungli Saat Melintas di Babelan Bekasi

1. Ormas mengancam saat tidak dikasih uang

Bikin Resah, Anggota Ormas di Bekasi Lakukan Pungli ke Toko FotocopyTim Presisi Polres Metro Bekasi Kota datangi lokasi Ormas lakukan pungli ke toko. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia menjelaskan, sempat menolak untuk memberikan pungli ke anggota ormas tersebut. Namun, dia diancama oleh anggota ormas itu. 

"Dia datang, terus ngomong macam-macam. Saya bilang 'maaf bang toko lagi sepi', terus dia gak terima, terus saya diam, terus dia ngancem-ngancem saya," ceritanya. 

"Oh entar ya, gue tandain toko ini!" kata Arif meniru ancaman anggota ormas itu. 

Dia menyebut, seluruh toko yang berada di sekitar juga menjadi korban pungli. Aksi ormas tersebut diakui meresahkan pemilik usaha. 

2. Tim Presisi mendatangi lokasi Pungli

Bikin Resah, Anggota Ormas di Bekasi Lakukan Pungli ke Toko FotocopyTim Presisi Polres Metro Bekasi Kota datangi lokasi Ormas lakukan pungli ke toko. (IDN Times/Imam Faishal)

Kepala Tim Presisi Polres Metro Bekasi Kota, Ipda Rudi Chandra langsung mendatangi lokasi setelah mendapatkan informasi dari media sosial. 

"Setelah kami melakukan pengecekan, tenyata benar bahwa penjaga fotocopy ini telah didatangi oleh salah satu anggota ormas, kemudian meminta sejumlah uang kepada penjaga toko," katanya. 

3. Polisi cari anggota ormas

Bikin Resah, Anggota Ormas di Bekasi Lakukan Pungli ke Toko FotocopyIlustrasi patroli polisi. (Dok. Istimewa)

Rudi mengatakan, anggota ormas yang mendatangi toko fotocopy berjumlah satu orang. Pihaknya akan mencari anggota ormas tersebut untuk dimintai keterangan. 

"Langkah ke depan kita coba untuk mencari pelaku tersebut, bilamana bertemu kita berikan teguran agar tidak melakukan pungutan liar lagi," jelasnya. 

Baca Juga: DPRD Kota Depok Terima Laporan Dugaan Pungli di SMA Negeri Favorit

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya