Baru 2 Hari Kerja, KPU Bekasi Temukan 471 Surat Suara Pemilu Rusak

KPU Bekasi targetkan 15 hari untuk lipat 9 juta surat suara

Bekasi, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menemukan 471 surat suara DPR RI untuk Pemilu 2024, rusak. Surat suara rusak itu diketahui setelah KPU memulai proses sortir dan melipat surat suara sejak Senin (8/1/2024) lalu. 

"Hari pertama rusak ada sebanyak 339 lembar dan hari kedua 132 lembar," jelas Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga: Banjir, 168 Kotak Suara Pemilu di Gedung Logistik KPU Selayar Rusak

1. Penyebab kerusakan

Baru 2 Hari Kerja, KPU Bekasi Temukan 471 Surat Suara Pemilu RusakKetua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa. (IDN Times/Imam Faishal)

Ali menjelaskan, surat suara diduga rusak sebelum diterima oleh KPU Kota Bekasi atau sebelum tiba di gudang logistik KPU Kota Bekasi. 

"Beberapa ada yang sudah rusak dari penyedianya, seperti misalkan ada beberapa yang sobek ataupun terciprat tinta, sehingga tidak membaca salah satu nama caleg itu kan kategorinya rusak," jelasnya. 

Ali mengatakan, nantinya surat suara yang rusak akan diperiksa kembali untuk mencari lembaran yang masih layak untuk Pemilu 2024.

"Tapi nanti di akhir terhadap yang rusak-rusak itu akan kami sortir kembali, barangkali masih ada beberapa yang kategorinya masih layak karena di hari pertama (petugas pengecekan) tingkat kehati-hatiannya sangat tinggi sekali," jelasnya. 

2. Sebanyak 551 ribu surat suara sudah terlipat

Baru 2 Hari Kerja, KPU Bekasi Temukan 471 Surat Suara Pemilu RusakGudang logistik KPU Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Selain surat suara yang rusak, KPU Kota Bekasi juga telah berhasil melipat surat suara calon legislatif DPR RI sebanyak 551 ribu selama dua hari bekerja. Surat suara itu berhasil dilipat dengan mempekerjakan 380 orang. 

"Hari pertama kami melakukan sortir lipat itu kami mampu melipat surat suara sebanyak 226 ribu sekian, dengan melibatkan SDM sebanyak 380 orang. Lalu hari keduanya dengan SDM yang sama kami mampu meningkatkan produksi lipatnya itu di angka 325 ribu. Nah, artinya petugas sortir lipat kami juga semakin cekatan hari ini," jelas Ali. 

3. Target 15 hari 9 juta surat suara selesai

Baru 2 Hari Kerja, KPU Bekasi Temukan 471 Surat Suara Pemilu RusakProses pelipatan surat suara. (IDN Times/Imam Faishal)

Ali juga menjelaskan, pihaknya menargetkan 15 hari untuk melipat 9 juta kertas suara Pemilu 2024, yang dibutuhkan di Kota Bekasi. Untuk itu, KPU berencana menambah pekerja yang bertugas melipat kertas suara. 

"Nanti kami juga pada hari Jumat akan menambah petugas sortir lipat sebanyak 100 orang, jadi di hari ke lima tepatnya, kami sudah mempekerjakan 480 orang. Nanti pada Senin depan kami akan menambah 200 orang lagi," jelasnya. 

"Target kami kemampuan produksi lipatnya mampu pada level 700 ribu per hari, sehingga kami mampu menyelesaikan sortir lipat jauh lebih awal dari target kami, tadinya 22 hari menjadi 15 hari itu sudah selesai," ungkap Ali. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya