63 Warga Terdampak Ledakan Tangki Migas di Bekasi Terima Ganti Rugi

Total yang sudah dibayarkan sebanyak Rp94,5 juta

Bekasi, IDN Times - Kerja Sama Operasi (KSO) Pertamina, Foster Oil & Energy PTE Ltd dan PT Migas (Perseroda) Kota Bekasi telah membayar biaya penggantian rumah warga yang terdampak ledakan tangki minyak di Stasiun Pengumpul (SP) Gas Lapangan Jatinegara di Kelurahan Jatiraden, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. 

Direktur PT Migas (Perseroda) Kota Bekasi, Apung Widadi, mengatakan, pembayaran ganti rugi dana tunai telah dilakukan untuk 63 warga di RT 002/008 dan disaksikan oleh Lurah Jatiraden. 

"Proses penggantian kepada warga terdampak dihadiri Lurah Jatiraden, bimaspol dan babinsa serta Forum RW, RT, dan tokoh masyarakat. Total penerima penggantian sebanyak 63 warga penerima di RT 02 yakni berupa dana tunai," katanya, Rabu (6/9/2023). 

Baca Juga: PT Migas Mulai Perbaiki Ratusan Rumah Terdampak Akibat Ledakan Tangki

1. Rp94,5 juta sudah dikeluarkan KSO

63 Warga Terdampak Ledakan Tangki Migas di Bekasi Terima Ganti RugiWarga Terima ganti rugi ledakan PT Migas. (Istimewa)

Apung mengatakan, nominal yang dikeluarkan untuk warga yang terdampak di RT 02 mencapai puluhan juta rupiah. 

"Nilai yang dibayarkan berupa dana tunai kepada warga RT 02 sejumlah Rp94,5 juta," ujarnya.

Sementara, tokoh masyarakat setempat, Ustaz Agus mengatakan, warga yang ada di sekitar lokasi PT Migas yang terdampak ledakan tangki kosong telah menerima pembayaran tersebut.

"Sampai hari ini selesai semua pembayaran atas warga terdampak dan lebih awal dari yang sudah dibicarkan ke warga. Alhamdulillah warga merasa diperhatikan dengan baik," jelasnya.

Baca Juga: Cerita Warga Saat Tangki PT Migas Bekasi Meledak, 1 Baut Besar Nyasar

2. 125 rumah terdampak diperbaiki

63 Warga Terdampak Ledakan Tangki Migas di Bekasi Terima Ganti RugiBaut besar nyasar ke rumah Nur Anita. (IDN Times/Imam Faishal)

Sebelumnya, sebanyak 125 rumah yang terdampak ledakan tangki mulai diperbaiki oleh KSO Pertamina, Foster Oil & Energy PTE Ltd dan PT Migas (Perseroda) Kota Bekasi. 

Apung merinci, sebanyak 2 rumah mengalami rusak berat, 30 rusak sedang, dan 93 rusak ringan. 

"Kerusakan ringan berupa retakan kecil di dinding, kerusakan sedang seperti meluasnya retakan pada dinding, kolom, ring balk, plafon agak renggang, kerusakan berat yang bisa mengakibatkan roboh dan membahayakan penghuni serta jika hujan mengakibatkan bocor ke dalam rumah," jelasnya kepada wartawan, Rabu (30/8/2023). 

Baca Juga: Rumah Terdampak Ledakan Tangki Migas di Bekasi Bertambah Jadi 137

3. Satu orang tewas akibat ledakan

63 Warga Terdampak Ledakan Tangki Migas di Bekasi Terima Ganti Rugiilustrasi korban (IDN Times/Mardya Shakti)

Diketahui, ledakan tangki tersebut terjadi pada Rabu (25/8/2023) siang. Apung mengatakan, peristiwa tersebut mengakibatkan saru orang tewas dan satu orang luka berat.

Pihaknya juga akan bertanggung jawab seluruh biaya perawatan korban luka dan memberikan santunan kepada korban tewas.

"Kami menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas peristiwa tersebut dan kami memastikan bahwa kontraktor yang mengerjakan pekerjaan tersebut akan bertanggung jawab menanggung seluruh biaya perawatan pekerja yang luka-luka dan memberikan santunan kepada korban yang meninggal dunia," jelasnya, Jumat (25/8/2028).

Baca Juga: Kekeringan di Kabupaten Bekasi Meluas, Kini 32 Desa Terdampak

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya