Beredar Link Pendaftaran CPNS di Mimika Papua, BKPSDM: Itu Hoaks

Penerimaan CPNS dibuka setelah proses kuota 600 selesai

Timika, IDN Times – Telah beredar sebuah link di beberapa media sosial yang memuat jadwal penerimaan dan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2023 di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Dalam link artikel tersebut, diinformasikan bahwa penerimaan CPNS di Kabupaten Mimika mulai dibuka pada 17 September - 3 Oktober 2023. Penerimaan CPNS dibuka untuk seluruh instansi.

Baca Juga: Puncak Hoaks Pemilu Terjadi di November 2023 hingga Februari 2024

1. Kepala BKPSDM Mimika sebut informasi itu hoaks

Beredar Link Pendaftaran CPNS di Mimika Papua, BKPSDM: Itu HoaksInformasi penerimaan dan pendaftaran CPNS tahun 2023 yang beredar dipastikan hoaks oleh BKPSDM Mimika. (IDN Times/Endy Langobelen)

Menanggapi informasi tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mimika, Ananias Faot, mengatakan bahwa informasi tersebut adalah berita bohong.

"Saya mau sampaikan, informasi penerimaan dan pendaftaran CPNS di Mimika yang beredar dengan mengatasnamakan BKPSDM itu berita bohong atau hoaks," ujar Ananias saat ditemui di Pendopo Rumah Bupati Mimika, Jalan Poros SP 3, Rabu (13/9/2023).

2. Penerimaan CPNS akan dibuka setelah kuota 600 selesai

Beredar Link Pendaftaran CPNS di Mimika Papua, BKPSDM: Itu HoaksIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Ananias menjelaskan, penerimaan CPNS di Mimika akan dibuka nanti setelah Pemerintah Kabupaten Mimika menyelesaikan proses kuota 600 CPNS dan PPPK yang diperuntukkan bagi tenaga honorer Mimika.

Disampaikan bahwa sampai saat ini, dari 600 kuota yang disediakan, baru 528 orang yang telah mengikuti seleksi.

"Tersisa 72 kuota. Yang sisa ini kami sudah koordinasi dengan bupati sebagai PPK untuk menetapkan berdasarkan ketentuan, sehingga kita segera dorong kembali ke BKN untuk diverifikasi dan kemudian hasil verifikasi tersebut akan dilanjutkan ke Kemenpan-RB untuk ditetapkan," jelas dia.

3. Ada 528 nama dalam proses penetapan NIP

Beredar Link Pendaftaran CPNS di Mimika Papua, BKPSDM: Itu HoaksKepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Mimika, Ananias Faot.

Disampaikan lebih lanjut bahwa 528 nama tersebut dalam proses penetapan NIP. Namun, kata Ananias, masih ada beberapa orang yang bermasalah dengan ijazah sehingga diperlukan penyesuaian kembali. 

"Ada sekitar 20 orang yang bermasalah dengan ijazah. Sebenarnya, kita dapat menyelesaikan itu tetapi kita juga perlu proaktif dari peserta sendiri, karena ada beberapa orang yang kita sudah lakukan pemanggilan tapi tidak ada respons," tandasnya.

"Dan ini yang sebenarnya menghambat kita untuk proses lagi 78 sisanya. Kuota 600 ini selesai semua, barulah kita bisa rekrut CPNS formasi 274," tutupnya.

Baca Juga: Fresh Graduate Siap-siap! Ada Jatah Khusus untuk Daftar CPNS 2023

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya