5 Unit Bangunan PT Unggul Dibakar OTK di Puncak Papua Tengah

Polisi dalami motif pembakaran ini

Timika, IDN Times – Sebanyak lima unit bangunan yang berada di Jalan Pancoran, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, diduga telah dibakar oleh orang tak dikenal (OTK) pada Jumat (28/4/2023).

Informasi yang dihimpun IDN Times, peristiwa ludesnya bangunan bekas mess karyawan PT Unggul itu terjadi pada sore hari sekitar pukul 15.10 waktu setempat. 

Baca Juga: Lomba Mobil Hias Ramaikan Pawai Takbir di Timika

1. Polda Papua membenarkan insiden kebakaran tersebut

5 Unit Bangunan PT Unggul Dibakar OTK di Puncak Papua TengahKabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo (Dok.Humas Polda Papua)

Polda Papua melalui Kepala Bidang Humas, Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi membenarkan perihal peristiwa tersebut.

Disampaikan, sesaat sebelum kejadian, seorang saksi atas nama Abius Kogoya yang juga pemilik tanah yang disewakan kepada PT Unggul sedang beristirahat di sebuah honai laki-laki yang berada di sekitar situ.

“Tiba-tiba saksi mendengar teriakan dari ibu-ibu. Kemudian dia melihat bahwa api sudah menyebar ke beberapa bangunan tersebut," jelas Benny. 

Melihat api semakin menjalar, lanjut Kabid Humas, saksi Abius pun panik dan mulai mengungsikan keluarganya ke honai untuk menghindari kobaran api yang kian membesar. 

Baca Juga: Warga Timika Antusias Abadikan Gerhana Matahari Hibrid Selama 3 Jam

2. Polsek Ilaga amankan lokasi kejadian kebakaran

5 Unit Bangunan PT Unggul Dibakar OTK di Puncak Papua TengahUpaya pemadaman api yang melahap bangunan bekas mess karyawan PT Unggul di Jalan Pancoran, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Jumat (28/4/2023). (IDN Times/Istimewa)

Benny mengungkapkan, ketika mendapati laporan kebakaran tersebut, personel Polsek Ilaga langsung berangkat ke lokasi kejadian.

"Personel Polsek Ilaga langsung bergerak menuju lokasi guna mengamankan TKP serta mengumpulkan bukti-bukti dan meminta keterangan saksi.

Baca Juga: Sempat Ditutup, Penerbangan ke Beoga Papua Tengah Kembali Dibuka

3. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini

5 Unit Bangunan PT Unggul Dibakar OTK di Puncak Papua TengahKapolres Puncak, Kompol I Nyoman PUNIA, IDN Times/ Ricky Lodar

Di samping itu, Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia, mengungkapkan tidak adanya korban jiwa akibat insiden tersebut.

Pihaknya juga menduga bahwa bangunan tersebut dibakar oleh OTK. Pasalnya bangunan-bangunan itu sudah lama tidak lagi ditempati oleh karyawan PT Unggul atau sudah kosong.

“Saat ini, masih dilakukan pendalaman oleh personel di lapangan guna mengungkap pelaku dan motif di balik pembakaran tersebut,” ujar Kompol Nyoman.

Sementara, informasi yang diterima IDN Times, kerugian materil dalam peristiwa ini ditaksir mencapai Rp700 juta.

Baca Juga: 3 Tukang Ojek di Puncak Jaya Papua Tengah Disandera Orang Tak Dikenal

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya