Viral Video Pilot Dukung Prabowo,  Bagaimana Faktanya?

Ikatan Pilot Indonesia netral dan independen

Jakarta, IDN Times - Beredar video berjudul "Prabowo Bersama Bar1san Penerbang Pilot Indonesia". Video itu banyak beredar di YouTube dengan judul yang mengatasnamakan Pilot Indonesia. 

Ikatan Pilot Indonesia (IPI) pun langsung bereaksi menanggapi hal ini. Melalui konferensi pers yang digelar hari ini, Rabu (2/1), IPI menjelaskan bahwa tidak benar organisasinya telah memberi dukungan kepada calon presiden tertentu.

Ketua Umum lkatan Pilot Indonesia captain Rama Noya mengungkapkan, masalah ini harus diluruskan karena khawatir masyarakat bisa salah persepsi terhadap pilot Indonesia. 

"Ini murni langkah preventif. Sebelum jadi persepsi yang salah di masyarakat ini kami luruskan," kata Rama di Gedung Graha Dirgantara, Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu.

Baca Juga: Alasan Pilot Lion Air JT 610 Minta Kembali ke Bandara Masih Diselidiki

1. Hanya ada 1 pilot anggota IPI yang mendukung atas nama pribadi

Viral Video Pilot Dukung Prabowo,  Bagaimana Faktanya?IDN Times/Helmi Shemi

Rama membantah bahwa pilot-pilot yang disebut dalam video merupakan anggota IPI. Meski demikian, ia menyebut ada satu anggota IPI dalam video itu yang mendukung secara pribadi. 

"Pilot Indonesia dalam video tersebut bukanlah Ikatan Pilot Indonesia dan tidak mewakili pilot Indonesia secara keseluruhan. Tapi ada 1 orang pilot dari anggota IPI, tapi sebagai pribadi bukan bawa nama IPI. Di video itu tidak semuanya pilot," kata Rama menjelaskan. 

 

2. Ikatan Pilot Indonesia tidak terlibat politik praktis

Viral Video Pilot Dukung Prabowo,  Bagaimana Faktanya?IDN Times/Helmi Shemi

Rama menegaskan bahwa Ikatan Pilot Indonesia adalah organisasi profesi pilot yang profesional, dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Rama juga menegaskan, IPI tidak terlibat dalam dukung mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam kampanye hingga pemilihan presiden April mendatang.

3. Ikatan Pilot Indonesia netral dan independen

Viral Video Pilot Dukung Prabowo,  Bagaimana Faktanya?IDN Times/Helmi Shemi

Terakhir, Rama mengatakan, IPI bersikap netral dan independen dalam Pilpres 2019. Namun, untuk hak politik individu tiap pilot adalah ranah pribadi.

"Ikatan Pilot Indonesia netral dan independen, menyerahkan hak politik secara pribadi kepada anggota dan tidak mencampuri urusan hak politik pribadi anggota," jelas Rama.

Baca Juga: Pilot Garuda Indonesia Turunkan Paksa Wanita Mabuk, Ini Kronologinya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya