Sulap Tempat Cucian Jadi TPS, Begini Suasana Mencoblos di Riau

#Pilkada2018 Panitianya kompak pakai baju putih, lho!

27 Juni 2018 menjadi hari yang sangat spesial bagi masyarakat Indonesia. Ya, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak digelar pada hari ini, di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya di kota Pekanbaru, Riau, tepatnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 08 yang beralamat di Jalan Beringin Kelurahan Sungai Sibam.

TPS 08 ini cukup sederhana, yakni merupakan tempat cucian mobil dan sepeda motor dan diperuntukkan bagi warga RW 3. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tercatat sebanyak 434 orang warga, bagaimana suasana di TPS 08? Yuk simak artikel berikut.

1. Ada 4 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau tahun 2018

Sulap Tempat Cucian Jadi TPS, Begini Suasana Mencoblos di RiauIDN Times/Hazna Deva

Berbeda dengan pemilihan Gubernur Riau periode sebelumnya yang hanya memiliki 2 pasangan calon, pada periode kali ini ada 4 pasangan calon Gubernur Riau. Di antaranya :

Pasangan Nomor Urut 1 Syamsuar dan Edi Nasution.

Pasangan Nomor Urut 2 Lukman Edy dan Hardianto.

Pasangan Nomor Urut 3 Firdaus dan Rusli Efendi.

Pasangan Nomor Urut 4 Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno.

2. Proses pemilihan sangat rapi dan teratur

Sulap Tempat Cucian Jadi TPS, Begini Suasana Mencoblos di RiauIDN Times/Hazna Deva

Setiap warga yang datang akan disuruh menunggu di bangku yang sudah sediakan, lalu dipanggil oleh KPPS yang bertugas. Semua proses berjalan teratur dan rapi, karena warga datang secara bergiliran, tidak antri dan berdesakan. Saat ditanya mengapa bisa rapi dan teratur, salah satu petugas KPPS menjawab, "Iya, kan cuma ada 2 kotak pemilih. Jadi dipanggilnya satu-satu biar nggak berdesakan."

3. Para panitia kompak mengenakan seragam berwarna putih

Sulap Tempat Cucian Jadi TPS, Begini Suasana Mencoblos di RiauIDN Times/Hazna Deva

TPS 08 terdiri atas 5 KPPS dan 4 orang saksi. Uniknya di TPS 08, para KPPS kompak mengenakan seragam putih dan celana hitam. Para panitia sudah melakukan persiapan sejak hari Selasa (26/6) sore, mulai dari menyusun kursi dan meja, kotak suara, dan berbagai berkas yang diperlukan. Panitia juga sudah standby di TPS sejak pukul 06.00 pagi. "Standby disini sejak jam 6 pagi tadi. Pembekalannya sudah lama, kalau persiapan ini semua (kursi meja) dari kemaren sore."

4. Tempat cucian pilihan paling pas

Sulap Tempat Cucian Jadi TPS, Begini Suasana Mencoblos di RiauIDN Times/Hazna Deva

Berbeda dengan TPS kebanyakan yang biasanya merupakan sebuah kantor atau balai desa, TPS 08 sangat sederhana yakni di sebuah tempat cucian mobil dan sepeda motor. Saat ditanya alasannya, Pak Hazmi, salah satu petugas KPPS menjawab, "Iya, lapangan yang luas jadi pertimbangan kami. Tenda untuk cucian juga sudah ada jadi tidak repot untuk sewa tenda. Pilihan yang pas lah di sini, kegiatan warga juga sering diadakan di sini." Wah kreatif sekali ya?

5. Hingga pukul 11.00 belum sampai setengah DPT yang memilih.

Sulap Tempat Cucian Jadi TPS, Begini Suasana Mencoblos di RiauIDN Times/Hazna Deva

Suasana TPS yang tidak terlalu ramai, membuat saya penasaran dan bertanya kepada salah satu petugas KPPS mengenai jumlah DPT yang sudah memilih. "Belum sampai setengah DPT dek, mungkin nanti sebelum shalat dzuhur baru ramai."

Ternyata hingga pukul 11.00, belum sampai setengah dari jumlah DPT yang melakukan pemilihan. Semoga menjelang pukul 13.00 semua DPT sudah melakukan pemilihan dan tidak ada yang golput, ya!

Hazna Deva Photo Verified Writer Hazna Deva

Menulislah ketika kamu tak mampu menyuarakan isi fikiranmu. haznadeva.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya