Waspada! Pasien Omicron di Indonesia Bertambah 2 Orang 

Dua pasien positif Omicron sempat pergi ke luar negeri

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan menemukan dua pasien positif COVID-19 varian omicron. Artinya, sudah ada tiga orang di Indonesia yang terkonfirmasi varian omicron.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa dua pasien tersebut merupakan hasil pemeriksaan sampel dari 5 kasus probable Omicron yang baru kembali dari luar negeri.

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet,” ungkap Nadia dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Sabtu (18/12/2021).

1. Masyarakat diminta tidak keluar negeri dulu

Waspada! Pasien Omicron di Indonesia Bertambah 2 Orang Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu. Terlebih mengingat laju penyebaran Omicron terbukti sangat cepat.

“Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari COVID-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini,” kata Nadia.

Baca Juga: Dinkes DKI Jakarta Lacak 39 Kontak Erat Pasien COVID Omicron Pertama

2. Pemerintah minta semua pihak menerapkan protokol kesehatan secara ketat

Waspada! Pasien Omicron di Indonesia Bertambah 2 Orang Direktur Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Nadia mengatakan kedua pasien itu datang dari luar negeri dan telah menjalani karantina wajib selama 10 hari usai pulang dari luar negeri. Ia pun meminta semua pihak taat terhadap protokol kesehatan pencegahan virus corona.

“Penting sekali bagi kita untuk saling menjaga orang-orang terdekat agar tidak tertular COVID-19, terlebih dengan adanya varian Omicron saat ini. Jadi saya tegaskan kembali agar tidak berpergian ke luar negeri dahulu untuk kebaikan kita bersama,” tegasnya.

3. Varian omicron disebut punya daya tular lima kali lebih dari delta

Waspada! Pasien Omicron di Indonesia Bertambah 2 Orang ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Pemerintah mengingatkan bahwa vaian omicron memiliki daya tular lima kali lipat dari varian delta yang pernah membuat lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia meningkat pada Mei dan Juni lalu. Saat ini, kasus COVID-19 di sejumlah negara Eropa, Afrika, dan Amerika melonjak tajam mencapai rekor tertinggi seiring dengan menyebarnya varian Omicron.

Pemerintah memprediksi arus balik warga negara Indonesia yang saat ini sudah berada di luar negeri atau yang akan berpergian ke luar negeri dalam seminggu kedepan ini akan mencapai puncaknya di minggu pertama dan kedua Januari seiring dengan berakhirnya liburan Natal dan Tahun Baru.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya