Tak Mau Nyalon Lagi, Ketua KPK: Banyak Persoalan di Lembaga Ini

Pendaftaran ditutup hari ini

Intinya Sih...

  • Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango, tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai pimpinan KPK karena banyak persoalan di lembaga tersebut.
  • Menurut Nawawi, masalah di KPK bukan hanya soal pimpinannya saja, namun memang banyak.
  • Nurul Ghufron dan Johanis Tanak akan mendaftar sebagai calon pimpinan KPK untuk periode 2024-2029, sedangkan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata tidak bisa mencalonkan diri lagi karena sudah dua periode menjadi pimpinan KPK.

Jakarta, IDN Times - Ketua sementara Komisi Pemberantsaan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango memastikan tak bakal mencalonkan diri sebagai pimpinan KPK untuk kedua kalinya. Menurutnya, ada banyak persoalan di lembaga yang ia pimpin saat ini.

"Ssya tidak ikutan lagi mendaftarkan diri. Terlalu banyak 'persoalan' di lembaga ini," ujar Nawawi kepara wartawan, Senin (15/7/2024).

Baca Juga: Sudirman Said Daftar Calon Pimpinan KPK: Saya Banyak Diurus Negara

1. Nawawi sebut masalah di KPK bukan soal pimpinannya saja

Tak Mau Nyalon Lagi, Ketua KPK: Banyak Persoalan di Lembaga IniKetua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Nawawi mengatakan masalah di KPK memang banyak. Namun, itu bukan soal pimpinannya saja.

"Itu bukan hanya soal Pimpinan," ujarnya.

2. Nurul Ghufron dan Johanis Tanak daftar pimpinan KPK lagi

Tak Mau Nyalon Lagi, Ketua KPK: Banyak Persoalan di Lembaga IniWakil Ketua KPK, Nurul Ghufron (IDN Times/Aryodamar)

Sikap berbeda diambil dua pimpinan KPK lainnya yakni Nurul Ghufron dan Johanis Tanak. Keduanya telah menyatakan bakal mendaftar sebagai calon pimpinan untuk periode 2024-2029.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata tak bisa mencalonkan diri lagi. Sebab, ia sudah dua periode menjadi pimpinan KPK.

Baca Juga: Hotman Ikut Daftar Jadi Calon Pimpinan KPK

3. Pendaftaran ditutup malam ini

Tak Mau Nyalon Lagi, Ketua KPK: Banyak Persoalan di Lembaga IniPansel Capim KPK bertemu Pimpinan KPK (IDN Times/Aryodamar)

Pendaftaran calon pimpinan KPK akan ditutup Senin, 15 Juli 2024 pukul 23.59 WIB. Hingga pukul 15.45, sudah ada 253 yang mendaftar sebagai pimpinan KPK dan 171 sebagai dewan pengawas KPK.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Ikut Daftar Jadi Pimpinan Lagi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya