Server PDN Gangguan, Imigrasi Tetap Layani Paspor dan Perlintasan

Permohonan cetak paspor sehari jadi belum bisa

Intinya Sih...

  • Layanan paspor terganggu karena kendala pada Pusat Data Nasional (PDN)
  • Imigrasi tetap memberikan pelayanan meski ada kendala, dan sedang berupaya melakukan pemulihan sementara
  • Permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani, tapi masyarakat yang sudah terjadwal datang tetap dilayani

Jakarta, IDN Times - Layanan di kantor Imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian, hingga tempat pemeriksaan imigrasi di bandara dan pelabuhan mengalami kendala karena gangguan pada pusat data nasional (PDN).

Dirjen Imigrasi, Silmy Karim, mengatakan, pihaknya tetap melakukan pelayanan meski ada kendala.

"Meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitupun pada saat kedatangan. Untuk sementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya," ujar Silmy dalam keterangannya, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Kemenhub Sebut Gangguan Sistem Imigrasi Tidak Bikin Pesawat Delay

1. Imigrasi berupaya lakukan pemulihan

Server PDN Gangguan, Imigrasi Tetap Layani Paspor dan PerlintasanPenangkapan DPO WN Italia berinisial AG oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta (dok. Ditjen Imigrasi Kemenkumham)

Silmy mengatakan, Imigrasi tengah berupaya melakukan pemulihan sementara kendala masih berlangsung. Ia mengupayakan operasional imigrasi kembali optimal secepatnya.

“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin," ujarnya.

Baca Juga: Server PDN Down, Bandara Soetta Benarkan Ada Antrean Imigrasi

2. Permohonan cetak paspor sehari jadi belum bisa

Server PDN Gangguan, Imigrasi Tetap Layani Paspor dan PerlintasanPaspor Indonesia (Dok. Antara)

Sementara itu, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor Imigrasi hari ini untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani seperti biasa. Namun, permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal.

“Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya,” ujar Silmy.

Baca Juga: Kominfo: Elaelo Bukan Situs Buatan Pemerintah

3. Menkominfo akui ada masalah PDN

Server PDN Gangguan, Imigrasi Tetap Layani Paspor dan PerlintasanMenkominfo RI Budi Arie usai rapat kerja bersama Komisi I DPR RI. (IDN Times/Amir Faisol)

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengakui adanya gangguan pada Pusat Data Nasional. Hal ini menyebabkan sejumlah layanan publik terdampak.

"Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik," ujar Budi Arie kepada IDN Times, Kamis (20/6/2024).

Ketua Umum ProJo itu mengatakan, pihaknya sedang melakukan pemulihan secara bertahap. Ia menjamin tim bekerja secara optimal.

"Saya pastikan saat ini tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan," ujarnya.

Baca Juga: KPK Benarkan Periksa Pembalap Zahir Ali soal Korupsi Lahan di Rorotan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya