Profil Susilo Bambang Yudhoyono Presiden Pertama Manggung di Pestapora

SBY akan tampil dua hari untuk menyanyi dan melukis

Intinya Sih...

  • Presiden SBY tampil di festival musik Pestapora 2024.
  • SBY merupakan presiden pertama yang menampilkan bakat di panggung festival musik.
  • SBY akan menyanyi di Pestapora Stage dan melukis di Kelab Kelub Stage.

Jakarta, IDN Times - Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), akan menjadi salah satu penampil di festival musik Pestapora 2024 yang digelar Boss Creator pada 20-22 September 2024. SBY bakal jadi presiden pertama yang menampilkan bakat di panggung festival musik.

Berikut profil Presiden SBY yang akan tampil di Pestapora 2024.

Baca Juga: Daftar Lagu Ciptaan Susilo Bambang Yudhoyono, Tampil di Pestapora 2024

1. Presiden SBY merupakan lulusan terbaik AKABRI 1973

Profil Susilo Bambang Yudhoyono Presiden Pertama Manggung di PestaporaMantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika memperingati HUT ke-23 Demokrat. (IDN Times/Santi Dewi)

Presiden SBY merupakan pria kelahiran Pacitan, Jawa Timur, pada 9 September 1949. Ia merupakan lulusan terbaik AKABRI pada 1973.

SBY menikah dengan Kristiani Herrawati yang dikenal dengan panggilan Ani Yudhoyono. Ani merupakan putri dari Jenderal (Purnawirawan) Sarwo Edhi Wibowo.

Dari pernikahannya dengan Ani, SBY dikaruniai dua anak. Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Dalam karier militernya, SBY pernah menduduki berbagai posisi. Antara lain Pangdam II/Srwijaya dan Kepala Staf Teritorial ABRI.

SBY pernah menjadi Menteri Politik, Sosial, dan Keamanan pada era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur dan  Menteri Politik dan Keamanan pada era Presiden Megawati Soekarnoputri.

Setelah pensiun dari militer, SBY berinisiatif mendirikan Partai Demokrat. Di partai tersebut, SBY pernah menjabat sebagai Ketua Umum sebeum digantikan oleh putranya.

Baca Juga: Demokrat Ungkap Pembicaraan SBY di Rumah Prabowo, Bahas Kabinet?

2. SBY presiden pertama yang dipilih rakyat langsung

Profil Susilo Bambang Yudhoyono Presiden Pertama Manggung di PestaporaSusilo Bambang Yudhoyono bersama Prabowo Subianto di Hambalang. (www.instagram.com/@prabowo)

SBY merupakan presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum pada 2004. Saat itu, SBY bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berhasil memenangkan pemilu presiden dua putaran.

Pada putaran pertama, SBY-JK bersaing dengan Wiranto-Salahuddin Wahid, Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi, Amien Rais-Siswono Yudo Husodo, serta Hamzah Haz-Agum Gumelar.

Pada putaran kedua, SBY-JK hanya berhadapan dengan Megawati-Hasyim Muzadi. Pada putaran kedua, SBY-JK meraih 69,2 juta suara atau setara 60,62 persen suara pemilih.

SBY-JK hanya bertahan selama satu periode. Di periode kedua, SBY berpasangan dengan Boediono.

Baca Juga: Penukaran Tiket Pestapora Pertamina Fastron 2024

3. SBY bakal menyanyi di Pestapora hari pertama dan melukis bareng Vindes di Pestapora hari ketiga

Profil Susilo Bambang Yudhoyono Presiden Pertama Manggung di PestaporaSusilo Bambang Yudhoyono (instagram/aniyudhoyono)

Di luar politik dan militer, SBY punya minat pada bidang seni. Hal itu terlihat dengan banyaknya karya yang dibuat semasa aktif berpolitik hingga pensiun.

Bahkan, SBY pernah mebuat album berjudul Harmoni yang berisi lagu karyanya sendiri. Lagu itu dibawakan sejumlah musisi tanah air seperti Afgan dan Rio Febrian.

Melalui media sosial, SBY juga kerap menunjukkan lukisan-lukisan di kanvas karyanya sendiri.

SBY akan unjuk bakat menyanyi dan melukis di panggung festival Pestapora 2024. SBY akan tampil di Pestapora Stage hari pertama pada 20.30-21.15 WIB.

Selain itu, SBY akan melukis pada hari ketiga bersama Vincent Rompies dan Desta di Kelab Kelub Stage pukul 16.45-17.45 WIB.

Topik:

  • Dheri Agriesta
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya